Sukses

Polisi Reka Ulang 34 Adegan Perampokan Maut di SPBU Daan Mogot

Polda Metro Jaya menggelar rekonstruksi kasus perampokan dan pembunuhan terhadap Davidson Tantono (30) di SPBU Daan Mogot, Jakarta Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya menggelar rekonstruksi kasus perampokan dan pembunuhan terhadap Davidson Tantono (30) di SPBU Daan Mogot, Jakarta Barat. Ada 34 adegan yang dilakukan, termasuk reka ulang eksekusi penembakan terhadap korban.

"Adegan ini ada 34 kali. Mulai dari bank, traffic light, SPBU, kemudian di tol, kemudian di apartemen pelaku berdomisili," tutur Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Ajun Kombes Didik Sugiarto di lokasi, Jakarta, Sabtu (22/7/2017).

Dalam tiap adegan yang digelar, empat pelaku yang telah ditangkap juga diikutsertakan. Mereka adalah KT, DTK, TP, dan M.

Adegan pertama digelar di Bank BCA Green Garden, Kedoya, Jakarta Barat. Diawali peran DTK sebagai mata-mata dan mengawasi setiap nasabah secara acak untuk dijadikan target perampokan. Dia bekerja sama dengan IR yang belakangan tewas lantaran melawan saat ditangkap.

"Mereka random. Jadi mereka melakukan pemantauan sasaran salah satu bank. Jadi bank dimasukkin apabila melihat (korban). Pelaku yang berperan memantau korban jumlahnya relatif banyak. Dia masuk di BCA, baru dia mutar bank," Didik menjelaskan.

Setelah menentukan target, yakni Davidson, DTK kemudian menghubungi TP. Rekannya itu lantas membuntuti mobil korban menggunakan motor dan KT mengikuti dengan mengendarai mobil.

Reka adegan sampai ke penggembosan ban mobil korban oleh TP. "Dia menggunakan paku yang dicantelkan ke sandalnya," kata Didik.

 

Reka ulang kasus perampokan dan pembunuhan terhadap Davidson Tantono (30) di SPBU Daan Mogot, Jakarta Barat. (Liputan6.com/Nanda Perdana Putra)

Penggembosan ban sendiri dilakukan di lampu merah sekitar Bank BCA Green Garden. Setelah ban mobil kempes, korban memilih untuk menuju SPBU Daan Mogot untuk menambal ban.

Di sana, SFR yang merupakan pelaku penembakan sekaligus otak dari perampokan itu menghabisi nyawa korban. Namun, yang bersangkutan tewas saat penangkapan di Jawa Timur.

Reka ulang adegan juga memeragakan tarik-menarik tas berisikan uang antara korban dengan pelaku.

Sementara itu, dari kasus tersebut, polisi telah menangkap lima pelaku. Satu tersangka lain atas nama Rachel hanya dilibatkan dalam reka ulang di Apartment Basura, Jakarta Timur.

Polisi masih mengejar tujuh pelaku lain yang masih buron.

Saksikan video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.