Sukses

Musim Haji, Saatnya Menyewakan Mobil

Tradisi mengantar calon jemaah haji yang akan berangkat menjadi peluang bisnis bagi sebagian orang dengan menyewakan mobil bagi pengantar jemaah.

Liputan6.com, Tasikmalaya: Tradisi mengantar calon jemaah haji yang akan berangkat rupanya membuka peluang bisnis bagi sebagian orang. Para pengantar calon jemaah haji yang biasanya adalah tetangga atau sanak saudara, kerap berjumlah puluhan hingga ratusan orang. Peluang ini dimanfaatkan pemilik mobil angkutan barang, bahkan angkutan bahan bangunan untuk menyewakan kendaraan miliknya.

Lihat saja Asep Rohman, warga Tasikmalaya, Jawa Barat. Sebuah truk miliknya yang sehari-hari mengangkut material bangunan, saat muism haji berubah fungsi. Bukan material bangunan, melainkan ibu-ibu dan anak-anak yang memenuhi truk Asep. Menurutnya, untuk sekali mengantarkan rombongan haji dia mengutip bayaran Rp 400 ribu.

Pendapatan itu pun didapat hanya dalam waktu lima hingga enam jam. Uniknya, penyewa bukanlah para pengantar, tapi calon jemaah haji yang akan berangkat. Pasalnya, untuk mengantar seorang jemaah haji saja dibutuhkan lebih dari lima unit mobil.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.