Sukses

Rehabilitasi dan Rekonstruksi Aceh Ditargetkan Rampung 2018

Rehabilitasi dan rekonstruksi pasca gempa dilakukan percepatan, sesuai Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 5 Tahun 2017.

 

Liputan6.com, Jakarta - Proses rehabilitasi dan rekonstruksi terhadap empat kabupaten yang tertimpa musibah gempa Aceh tahun 2016 terus dilakukan. Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menegaskan, bahwa proses rehabilitasi dan rekonstruksi pasca gempa rampung pada 2018.

"Kita bergerak cepat menjalankan proses rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana gempa bumi di empat kabupaten di Aceh. Ini secara sinergis kita lakukan dan semua berkomitmen kuat sehingga kita yakin proses pembangunan kembali semua yang terdampak bencana ini bisa dilakukan," ujar Puan usai menghadiri raat koordinasi di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (20/7/2017).

Rakor ini dihadiri Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Kepala BNPB Willem Rampangilei, Kepala Staf Presiden Teten Masduki, Wakil Gubernur NAD Muzakir Manaf, Bupati Pidie Jaya Aiyub Abbas serta para pejabat instansi terkait lainnya.

Puan menjelaskan, rehabilitasi dan rekonstruksi pasca gempa dilakukan percepatan, sesuai Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 5 Tahun 2017. Dijelaskan bahwa proses rehabilitasi dan rekonstruksi dilakukan 4 menteri koordinator, 14 kementerian, 7 lembaga, serta 4 kabupaten/kota.

"Inilah yang terus kita koordinasikan. Secara teknis, proses rekonstruksi dan rehabilitasi di lapangan akan dikoordinasikan melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Dan semua pihak terkait sudah menyatakan komitmen kuat untuk menyukseskan proses rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana pada 2016 tersebut," jelas Puan.

Dijelaskan Puan, dalam rehabilitasi dan rekonstruksi ini ada lima sektor yang jadi fokus. Yakni permukiman, infrastruktur, ekonomi, sosial, dan lintas sektor. Pelaksanaan secara teknis juga sudah dibahas secara matang sehingga percepatan bisa segera dilakukan.

"Pelaksanaannya kita sudah bahas bagaimana me-manage kegiatan ini dengan baik. Kami optimistis dan berharap pelaksanaannya berjalan sesuai harapan. Pada 2018 Insya Allah masjid yang ada di Trenggading, Pidie Jaya, Aceh akan dibangun dan dilakukan peletakan batu pertama oleh Presiden Jokowi dan insyaallah selesai sebelum Ramadan 2018," jelas Puan.

Pada kesempatan sama, Kepala BNPB Willem Rampangilei menjelaskan, proses rehabilitasi dan rekonstruksi ini diperkirakan membutuhkan anggaran sebesar Rp 3,456 triliun, dan anggarannya sudah dibahas dan dilaksanakan melalui lintas sektoral terkait.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.