Sukses

Kenapa Ketua MK Kini Sering Pakai Peci?

Arief Hidayat kembali menjadi ketua MK sampai 2020 setelah 8 hakim konstitusi lain secara aklamasi memilihnya sejak beberapa pekan lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar halalbihalal dengan para jurnalis. Dalam sambutannya, Ketua Mahkamah Arief Hidayat membongkar rahasia mengapa ia kerap mengenakan peci.

"Lima tahun lalu, saat saya masih jadi dosen, rambut saya masih lebat. Sekarang sudah menipis, kepala sering mendidih. Makanya saya sering pakai peci," kata Arief. Hadirin pun riuh dengan tawa.

Ia menyatakan, tuntutan pekerjaan di MK kian berat. "Persidangan berlangsung dari Senin sampai Kamis. Hari Jumat kami isi dengan membaca berkas persidangan dan membuat legal opinion," jelas Arief di gedung MK, Kamis (20/7/2017).

Pria kelahiran Semarang ini menambahkan, sejak jadi hakim MK, plus di matanya bertambah karena harus banyak membaca berkas gugatan.

"Dulu hanya plus 1/2, sekarang sudah 2 1/2," ujar guru besar ilmu hukum di Universitas Diponegoro ini.

Sampai Juli 2017, 76 permohonan uji materi masuk ke MK. Sementara, masih ada tunggakan 20 perkara dari 2016.

Arief kembali menjadi ketua MK sampai 2020 setelah delapan hakim konstitusi lain secara aklamasi memilihnya sejak beberapa pekan lalu. Ia menjadi hakim konstitusi sejak 1 April 2013.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.