Sukses

Menteri Susi Tak Peduli China Protes Nama Laut Natuna Utara

Menteri Susi tidak peduli dengan protes yang diutarakan otoritas China. Bagi dia, tidak ada yang salah dengan nama Laut Natuna Utara.

Liputan6.com, Jakarta - Penggunaan nama Laut Natuna Utara menuai kontroversi. Pemerintah China memprotes nama itu karena dianggap memperkeruh suasana politik negara di sekitar Laut China Selatan.

Namun, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti tidak habis pikir dengan protes yang dilayangkan China. Sudah jelas Natuna merupakan wilayah Indonesia dan yang diberi nama hanya perairan di sekitar Pulau Natuna.

"Lho itu kan laut yang wilayah kita, Laut Natuna Utara, bukan Laut China Selatan. Itu Laut Natuna Utara," ujar Susi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (18/7/2017).

Dia seakan tidak peduli dengan protes yang diutarakan otoritas China. Bagi dia tidak ada yang salah dengan penggunaan nama Laut Natuna Utara.

"Kenapa tidak? Kan itu laut Natuna Utara kita," pungkas dia.

Kementerian Luar Negeri China pada Jumat 14 Juli menyebut pemakaian nama baru untuk perairan di utara Kepulauan Natuna sebagai hal yang tidak kondusif.

Sebelumnya, Deputi I Kementerian Koordinator Kemaritiman RI Arif Havas Oegroseno mengatakan pemerintah memilih nama Laut Natuna Utara berdasarkan penamaan yang telah lebih dulu digunakan industri migas untuk perairan tersebut.

Arif menjelaskan, selama ini, sudah ada sejumlah kegiatan migas dengan menggunakan nama Natuna Utara dan Natuna Selatan, sehingga penamaan Laut Natuna Utara akan menguatkan kejelasan dan kesamaan dalam landas kontinen di perairan itu.


Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.