Sukses

Bagikan Sertifikat Tanah, Ini Pesan Jokowi ke Warga Balikpapan

Jokowi berpesan warga yang ingin menggunakan sertifikat tanah untuk jaminan atau agunan harus diperhitungkan secara matang.

Liputan6.com, Balikpapan - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan 1.535 sertifikat tanah kepada warga Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Jokowi mengingatkan masyarakat agar cermat memanfaatkan sertifikat ini.

Kepemilikan sertifikat tanah sangat bermanfaat bagi warga. Dengan sertifikat ini, tidak ada lagi orang yang mengklaim tanah itu milik mereka. Sengketa lahan pun nantinya bisa ditekan.

"Sekarang Bapak itu sudah lega karena pegang tanda sertifikat. Ini adalah tanda bukti hak hukum atas tanah," kata Jokowi di Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (13/7/2017).

Setelah menerima sertifikat ini, Jokowi meminta warga untuk menyimpan baik-baik. Caranya diberi plastik, difotokopi, sehingga kalau sewaktu-waktu hilang mudah mengurusnya.

Selain itu, warga yang ingin menggunakan sertifikat tanah untuk jaminan atau agunan harus dihitung baik-baik. Uang yang dipinjam ke bank juga harus digunakan dengan benar.

"Yang banyak malah dapat uang Rp 300 juta, Rp 150 beli mobil yang banyak kan gitu. Dapat Rp 40 juta yang Rp 15 juta beli motor. Ini yang saya ingatkan, jangan membeli barang-barang konsumtif seperti itu," ujar Jokowi.

Uang yang dipinjam ke bank harus digunakan untuk investasi atau modal kerja. Misalnya, pinjam uang Rp 300 juta laku sudah bisa mengembalikan karena usaha dan investasi berhasil, barulah berpikir membeli barang konsumtif.

"Baru ngambil uang pinjaman dari bank langsung untuk beli mobil itu yang hati-hati tidak boleh," pungkas Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini