Sukses

Kemendikbud Ingatkan Kegiatan Pengenalan Sekolah Tanpa Pelonco

Hamid menegaskan, kegiatan ekstrakurikuler hanya boleh dilakukan di dalam lingkungan sekolah.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Hamid Muhammad mengingatkan pihak sekolah, untuk melaksanakan kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) dan ekstrakurikuler siswa baru tanpa perpeloncoan.

"Kami tetap imbau semua dinas pendidikan, kepala sekolah untuk melaksanakan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) seperti dalam Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 tentang PLS Siswa Baru. Tidak dibenarkan lagi perpeloncoan atau tindakan kekerasan atau memasang berbagai atribut," kata Hamid di Jakarta, Selasa (11/7/2017).

Hamid mengingatkan, pelaksanaan PLS dilakukan oleh guru dan tidak menyerahkannya kepada siswa. Demikian dilansir dari Antara.

Dalam Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 disebutkan, pelaksanaan PLS dapat diserahkan kepada siswa senior atau kakak kelas apabila sekolah memiliki keterbatasan guru.

Namun dengan syarat, hanya siswa senior yang memiliki nilai akademis tinggi berdasarkan nilai rapor, atau capaian prestasi akademik dan nonakademik.

Selain PLS, Hamid juga mengingatkan tentang kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) yang menurutnya berpotensi ada tindak kekerasan dan perpeloncoan.

Hamid menegaskan, kegiatan ekstrakurikuler hanya boleh dilakukan di dalam lingkungan sekolah.

Sekalipun kegiatan tersebut dilaksanakan di luar lingkungan sekolah, harus di bawah pengawasan guru dan mendapatkan izin dari orang tua.

"Kami warning jauh-jauh sebelumnya agar jangan sampai terjadi kekerasan seperti tahun-tahun lalu," kata Hamid.

Dia juga meminta Dinas Pendidikan daerah dan seluruh kepala sekolah untuk memastikan tidak ada kekerasan sekecil apapun dalam kegiatan ekstrakurikuler.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.