Sukses

Aktivitas Gunung Merapi Meningkat

Aktivitas Gunung Merapi di Sleman, DIY, meningkat. Dalam tiga hari belakangan, terjadi gempa dan guguran lava vulkanik yang menunjukkan peningkatan aktivitas cukup signifikan.

Liputan6.com, Sleman: Aktivitas Gunung Merapi di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dalam tiga hari belakangan meningkat. Berdasarkan pantauan di pos pengamatan Gunung Merapi di Kaliurang, Sleman, Ahad (17/10), telah terjadi gempa multi-phase yang meningkat tajam menjadi 259 kali.

Sementara guguran lava vulkanik juga meningkat dari 30 kali menjadi 39 kali dalam sehari. Namun semua guguran lava vulkanik tidak dapat teramati secara visual atau mata telanjang lantaran kondisi Gunung Merapi tertutup kabut asap tebal.

Petugas pengamatan Gunung Merapi juga menjelaskan, telah terjadi banjir lahar dingin Sabtu kemarin, sekitar pukul 15.00 WIB. Hal itu terjadi akibat turunnya hujan deras di Puncak Merapi.(BJK/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini