Sukses

Hujan Deras Semalaman, Ratusan Rumah di Bogor Terendam Banjir

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor mencatat, banjir dan longsor terjadi di tujuh titik.

Liputan6.com, Bogor - Hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah Kota Bogor, Jawa Barat, sejak Minggu malam, menyebabkan longsor hingga banjir di beberapa titik. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor mencatat, banjir dan longsor terjadi di tujuh titik.

Pukul 21.00 WIB, Minggu 9 Juli 2017, tembok pembatas antara Posyandu Edelweis dengan Kali Cina jebol hingga menyebabkan air membanjiri rumah warga di Jalan Cimanggu Tengah, RT 01/11, Kelurahan Kedung Waringin, Kecamatan Tanah Sareal.

Banjir juga terjadi di Kelurahan Kedung Waringin, Kecamatan Tanah Sareal. Dua rumah kontrakan besar terendam. Banjir disebabkan karena tertutupnya aliran kali oleh material longsor.

Kemudian di Kampung Neglasari 1 RT 02/04 Keluraham Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, aliran Kali Ciheuleut meluap dan mengakibatkan sedikitnya 65 rumah di wilayah itu terendam banjir lintasan.

Banjir terparah terjadi di wilayah RT 01/03 Kelurahan Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara. Sedikitnya 100 rumah yang dihuni 157 KK di wilayah itu terendam. Banjir disebabkan karena tertutupnya aliran Kali Cibagolo oleh material tanah yang longsor sepanjang 5 meter dan tinggi 10 meter.

Tanah longsor di Gang Wader, Kelurahan Kebon Pedes, Kecamatan Tanah Sareal, mengancam dua rumah milik Yusup dan Diah. Akibat kejadian ini, jalan lingkungan juga tertimbun tanah.

Tanah longsor disertai pohon tumbang juga terjadi di Jalan Aryawidura, Kecamatan Bogor Utara. Akibat kejadian ini, aliran kali di wilayah tersebut terancam tertutup material longsor.

Selain banjir dan longsor, juga terjadi pohon tumbang hingga menghalangi separuh badan jalan dan menimpa kabel listrik di jalan Achmad Adnawijaya, Kelurahan Tegal Gundil, Kecamatan Bogor Utara.

Tim BPBD Kota Bogor sudah melakukan penanganan di lokasi. Tidak ada korban jiwa ataupun luka dalam peristiwa tersebut. Banjir yang terjadi di beberapa titik wilayah pun sudah surut.

"Hari ini warga yang terdampak sedang kerja bakti agar aliran kali kembali normal," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor, Ganjar Gunawan, Senin (10/7/2017).

Sementara bagi rumah yang terancam longsor, diimbau untuk meninggalkan rumah saat diguyur hujan.


Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.