Sukses

Sultan Hamengku Buwono X Halal Bihalal Bersama Waga Yogyakarta

Ribuan Warga Yogyakarta, rela berdesak-desakan demi bersalaman dengan gubernur yang juga Raja Keraton Yogyakarta, Sultan Hamengku Buwono X

Liputan6.com, Jakarta Ribuan Warga Yogyakarta, rela antre dan berdesak-desakan demi bersalaman dengan gubernur yang juga Raja Keraton Yogyakarta, Sultan Hamengku Buwono X.

Seperti yang ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Selasa (4/7/2017), pada hari pertama masuk kerja usai libur lebaran, sultan memang sengaja membuka kesempatan bagi warga yang ingin berhalal bi halal dengannya.

Ramah tamah atau halal bi halal oleh Sultan Hamengku Buwono baru dimulai sekitar jam sembilan Senin pagi, namun ribuan warga dari berbagai kalangan di Daerah Istimewa Yogyakarta sudah berdatangan ke Kantor Gubernur, Komplek Kepatihan, sejak jam enam pagi.

Mereka langsung merangsek ke depan dan rela berdesak-desakan, demi bisa bersalaman dengan gubernur yang juga Raja Kraton Yogyakarta, Sultan HBX, yang didampingi Sang Permaisuri, Gusti Kanjeng Ratu Hemas, dan Wakil Gubernur, Sri Pakualam, beserta istri.

Guna menghindari hal-hal tidak diinginkan, petugas keamanan harus berulangkali memisahkan kaum lansia dan anak-anak dari barisan pengantre.

Meski harus antri berjam-jam dan berdesak-desakan, warga bangga dan senang bisa bersalaman dengan sultan, sosok yang sangat mereka hormati. Tak hanya sekali ini, sebagian dari mereka ternyata selalu mendatangi halal bi halal dengan sultan, demi bisa bersalaman dengan Raja Kraton Yogyakarta itu.

Setelah bersalaman dengan sultan, warga disuguhi aneka makanan dan minuman, seperti nasi merah, soto, bakso dan sebagainya. Tentu saja gratis.

Halal bi halal seperti ini selalu digelar sultan pada hari pertama masuk kerja setelah libur lebaran. Tujuannya untuk memberi kesempatan warga yang ingin bersilaturahim dengannya.