Sukses

Banjir Melumpuhkan Kabupaten Sintang

Ribuan rumah, puluhan sekolah, dan ratusan hektare perkebunan di Sintang, Kalbar, terendam banjir. Pemerintah menganggap hanya musibah tahunan yang tak perlu dibantu.

Liputan6.com, Sintang: Banjir yang terjadi beberapa hari terakhir membuat Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, lumpuh. Bahkan, sampai Selasa (12/10), banjir meluas dan membuat puluhan sekolah terpaksa meliburkan siswanya karena tak bisa melaksanakan aktivitas belajar mengajar.

Selain merendam puluhan, banjir juga membuat ribuan rumah di enam kecamatan terendam. Kondisi ini membuat aktivitas warga terganggu. Curah hujan yang tinggi dan meluapnya Sungai Melawi diduga menjadi penyebab terjadinya banjir.

Banjir di Sintang memang bukan kali pertama. Beberapa bulan silam, banjir juga pernah terjadi. Namun, memang tidak separah saat ini. Banjir kali ini juga membuat sejumlah warga mengungsi ke tempat yang lebih aman karena rumah panggung mereka juga ikut terendam.

Ratusan hektare perkebunan karet milik warga juga terendam. Ini membuat warga tak bisa mencari nafkah. Itulah sebabnya, mereka sangat berharap bantuan pemerintah.

Sejauh ini belum ada bantuan dari pemerintah. Bahkan, Bupati Sintang Milton Crosby mengatakan, banjir yang terjadi merupakan musibah tahunan sehingga pemerintah belum perlu memberikan bantuan. Selain Sintang, dua kabupaten lain di Kalbar juga masih terendam banjir, yakni Kapuas Hulu dan Melawi.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini