Sukses

Romo Markus: Bhinneka Tunggal Ika Jadi Brand Mark Indonesia

Romo Markus mengaku betapa pentingnya menanamkan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan bermasyarakat. Terutama kepada anak-anak saat ini.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Dialog Antaragama untuk Asia Pasifik di Vatikan, Romo Markus Solo Kewuta mengungkapkan moto atau semboyan Bhinneka Tunggal Ika makin dikenal masyarakat dunia.

Menurut dia, Bhinneka Tunggal Ika merupakan brand mark dari Indonesia sebagai kontribusi untuk perdamaian dunia.

Romo Markus mengatakan, belum lama ini ia diundang untuk menyampaikan tentang pesan perdamaian dunia di Vatikan. Dalam pembahasannya itu, ia membeberkan peran penting Bineka Tunggal Ika dalam kehidupan masyarakat di Indonesia.

"Apa yang mau kita (Indonesia) usung ke dunia internasional sebagai kontribusi untuk perdamaian dunia? Tadi digarisbawahi Obama bahwa unity in diversity, Binneka Tunggal Ika sebenarnya menjadi suatu brand mark Indonesia," beber dia dalam diskusi panel di acara Kongres Diaspora Indonesia, Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Sabtu (1/7/2017).

Romo Markus menyampaikan betapa pentingnya menanamkan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan bermasyarakat. Terutama kepada anak-anak saat ini.

Oleh karenanya, ia mendukung langkah pemerintah untuk memasukkan kurikulum pendidikan yang berorientasi pada Bhinneka Tunggal Ika, pluralisme, dan toleransi.

"Kita didik anak sekarang dalam iklim keterbukaan dan toleransi. Iklim Bhinneka Tunggal Ika karena mereka adalah masa depan kita," ucap Romo Markus.

 

 

 

 

 

 

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.