Sukses

Liburan di Kebun Binatang, Warga Diminta Patuhi Aturan Ini

Wahyudi memprediksi, puncak jumlah kunjungan wisatawan akan terjadi esok hari.

Liputan6.com, Jakarta - Libur panjang Idul Fitri 1438 Hijriah dimanfaatkan oleh sebagian warga untuk berlibur di sejumlah destinasi wisata. Salah satu tempat favorit warga Jakarta dan sekitarnya yaitu Taman Margasatwa Ragunan (TMR).

Ribuan warga diprediksi akan  menyerbu kebun binatang yang berada di bilangan Jakarta Selatan itu.

"Hingga pukul 09.00 WIB tadi, jumlah pengunjung hadir telah mencapai 11.304 orang. Kami prediksi jumlahnya akan terus bertambah hingga siang nanti," ujar Kepala Humas TMR Wahyudi Bambang saat dihubungi Liputan6.com, Senin (26/6/2017). 

Wahyudi memperkirakan, jumlah pengunjung akan terus bertambah hingga beberapa ke depan. Dia memprediksi puncak jumlah kunjungan wisatawan akan terjadi pada esok hari.

"Berdasarkan pengalaman di tahun-tahun sebelumnya, puncaknya pada hari ketiga dan keempat Lebaran. Kemungkinan tahun ini tidak jauh berbeda," kata dia.

Karena padatnya jumlah kunjungan pada dua hari ke depan, ia mengimbau kepada warga yang akan berlibur di Ragunan untuk mengalihkan kunjungan Liburannya pada hari berikutnya. Hal itu untuk menghindari membeludaknya jumlah pengunjung.

Untuk menyambut lonjakan pengunjung, Wahyudi mengatakan, pihaknya juga telah menyediakan sejumlah lahan parkir tambahan yang mampu menampung empat ribu unit mobil dan 27 ribu sepeda motor. Tempat-tempat parkir tambahan disiapkan di dalam kawasan Ragunan, namun berada jauh dari kandang satwa.

"Kami membuat rute khusus supaya (jalan) masuknya satu jalur dan keluarnya beda jalur lagi. Pintu selatan yang kami proyeksikan untuk jalan keluar (kendaraan) mulai besok," kata dia.

Namun demikian, Wahyudi tetap menyarankan warga menggunakan transportasi umum seperti Transjakarta atau kendaraan umum lainnya.

Pihaknya tak lupa mengimbau warga yang akan mengunjungi Kebun Binatang Ragunan untuk mematuhi aturan yang berlaku. Salah satunya dengan tidak memberikan makanan kepada hewan.

"Kami juga ingatkan agar warga ikut menjaga kebersihan area TMR dan menjaga putra putrinya selama berwisata di kebun binatang," Wahyudi menandaskan.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.