Sukses

Sehari Jelang Lebaran, Pemudik Padati Jalintim Sumatera

Saat malam pemudik diimbau waspada di Jalintim Sumatera yang minim fasilitas penerangan jalan.

Liputan6.com, Jambi - Hari Raya Idulfitri diperkirakan jatuh pada Minggu, 25 Juni 2017. Sehari menjelang Lebaran, pemudik masih memadati jalan lintas timur (Jalintim) Sumatera, khususnya yang melintasi Kota Jambi.

Dari pantauan Liputan6.com, Sabtu (24/6/2017), sebagian kendaraan yang memadati Jalintim Sumatera adalah kendaraan pribadi. Sebagian besar adalah kendaraan dengan plat nomor dari Jawa, seperti dari Jakarta.

"Jalur mudik di Sumatera tahun ini lebih lancar dari tahun lalu. Secara umum kondisi jalan lumayan baik," ujar Abdulah (40), seorang pemudik dari Bandung jurusan Pekanbaru, Provinsi Riau.

Namun demikian, pria yang mudik bersama istri dan dua anaknya ini memilih tidak memaksakan diri dalami perjalanan. Khususnya saat malam hari. Sebab, Jalintim Sumatera tidak memiliki fasilitas penerangan yang cukup.

"Jadi saya memilih jalan saat sore hari. Jika tengah malam, saya pilih menepi. Istirahat di rest area yang ada," ucap Abdulah saat ditemui SPBU KM 41, Jambi.

Dihubungi terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jambi, Darma mengatakan, ada 59 titik Posko Mudik Terpadu yang di sebar di seluruh Provinsi Jambi. Untuk itu, ia mengimbau agar para pemudik memanfaatkan posko yang ada untuk beristirahat apabila merasa letih di perjalanan.

"Jadi jangan memaksakan diri, apalagi saat malam tiba," ujar Darma.

Ia mengatakan, secara umum lonjakan pemudik yang ada di Jambi sudah bisa teratasi. Khususnya pemudik yang menggunakan angkutan umum hingga pesawat. Tidak terjadi penumpukan penumpang baik di terminal Alam Barajo, Kota Jambi maupun Bandara Sultan Thaha Jambi.

"Khusus angkutan umum kita sudah siagakan bus cadangan. Seperti bus Pemprov Jambi hingga bus sekolah kita siapkan," ucap Darma.

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.