Sukses

Kemenhub Prediksi Pemudik via Udara Capai 5,4 Juta Orang

Jumlah ini meningkat dibandigkan tahun lalu yang mencapai 4,9 juta penumpang.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi arus mudik lebaran 2017, jumlah pemudik yang menggunakan moda transportasi udara akan mencapai 5,4 juta. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun lalu yang mencapai 4,9 juta penumpang.

"Prediksi kami penumpang yang diangkut pada taun ini ada 5,4 juta penumpang. Sedangkan, tahun lalu 4,9 juta penumpang. Ini berarti naik 9,8%.," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso di Posko Pantauan Mudik Kementerian Perhubungan Jakarta Pusat, Jumat (23/6/2017).

Agus memprediksi, pada Kamis 22 Juni 2017 malam, 2,5 juta penumpang telah pulang ke kampung halaman dengan menggunakan pesawat. Selain itu, Kemenhub telah menyediakan extra flight.

"Ada extra flight, Kebanyakan maskapai yang besar-besar karena dengan jumlah dari luar negeri," terang Agus.

Lonjakan penumpang ini, jelas Agus, terjadi pada rute Semarang, Solo, Surabaya, Yogyakarta. Ini terjadi pada H-9 dan H-7 lebaran.

Agus juga mengatakan Kemenhub telah menyiapkan banyak persiapan untuk mengantisipasi kemacetan dan lainnya. Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, Kemenhub telah memperpanjang jam operasional bandara.

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.