Sukses

Viral, Pelajar Magelang Bayar Sekolah Pakai Uang Receh

Seorang pelajar di Kota Megelang menjadi perbincangan lantaran membayar biaya sekolah dengan uang receh pecahan Rp1.000.

Fokus, Magelang - Semangat Eka Duta Prasetya patut ditiru oleh pelajar lainnya. Berniat meringankan beban orang tua, siswa 16 tahun ini membayar sendiri biaya uang seragam baru senilai Rp 1 juta.

Aksinya langsung viral di media sosial, karena Eka membayar dengan uang receh pecahan Rp 1.000 hasil tabungan selama ini.

Seperti ditayangkan Fokus Sore Indosiar, Jumat (23/6/2017), hasil menabung uang receh yang ditekuninya sejak kelas 6 SD, mampu meringankan beban orang tua untuk mendaftar masuk sekolah ke Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Magelang, Jawa Tengah.

Dengan uang receh yang terkumpul Rp 1 juta, Eka membayar sendiri biaya uang seragam baru. Selain mengundang decak kagum dan simpati guru serta teman-teman di sekolahnya, apa yang dilakukan Eka pun viral di media sosial.

Pihak sekolah akhirnya membebaskan biaya seragam baru untuk Eka karena berasal dari keluarga kurang mampu. Semangat remaja 16 tahun ini pun membuat para guru dan karyawan menyumbang uang untuk meringankan biaya masuk sekolahnya.

Eka tinggal bersama ayah dan neneknya di rumah kontrakan, di Kecamatan Secang, Magelang, Jawa Tengah. Uang receh tabungannya sering digunakan untuk mengobati neneknya yang sakit-sakitan.