Sukses

Basarnas DIY Siagakan Truk Penyelamat Selama Arus Mudik

Anggota Basarnas yang memiliki kualifikasi khusus ditempatkan di Bandara Adisutjipto, Pantai Congot hingga jalur perbukitan Pathuk.

Liputan6.com, Yogyakarta - Badan SAR Nasional (Basarnas) DIY menyiapkan satu unit truk penyelamatan (rescue truck) yang berisi personel dan peralatan penanganan kecelakaan profesional selama arus mudik dan balik Lebaran.

Truk penyelamatan ini akan beroperasi ke segala titik mulai H-7 sampai H+7, terutama ke tempat kejadian perkara (TKP) kecelakaan yang membutuhkan pertolongan segera.

"Truk ini diparkir di Kantor Basarnas DIY Jalan Wates Gamping Sleman untuk memudahkan pergerakan ketika ada kecelakaan sewaktu-waktu," ujar Plt Kepala Basarnas DIY, Yogyakarta, Kamis 22 Juni 2017.

Ia menyebutkan, peralatan penanganan kecelakaan profesional yang tersedia, antara lain, genset, lampu, gergaji pemotong beton, pelat ungkit, dan tali-temali. Sementara, untuk penanganan kecelakaan laut, Basarnas menyediakan dua unit Rigid Inflatable Boat (RIB) dan jet ski.

Asbani juga sudah menempatkan personel di pusat keramaian dan beberapa objek wisata di DIY.

"Personel yang memiliki kualifikasi khusus ditempatkan di Bandara Adisutjipto, Pantai Congot, jalur perbukitan Pathuk, dan sebagainya," ucap Asbani.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.