Sukses

Tenda Jemaah Haji Indonesia di Mina Miliki Pendingin Udara Baru

Selain AC baru di Mina, jemaah haji Indonesia juga akan menempati tenda baru saat menjalani wukuf di Arafah.

Liputan6.com, Jakarta - Satu lagi peningkatan layanan akan diberikan kepada jemaah haji Indonesia. Direktur Layanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis mengatakan, pendingin udara di tenda Mina tahun ini diganti dengan yang baru.

Hal ini disampaikan Sri Ilham usai mendampingi Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin melakukan peninjauan ke Tenda Mina, Selasa 20 Juni 2017 waktu Arab Saudi.

Hal senada disampaikan Staf Teknis Haji I Kantor Urusan Haji (KUH) KJRI Jeddah Ahmad Dumyathi Basori. Menurutnya, tenda-tenda di Mina dibangun hampir 20 tahun yang lalu. Karena dimakan usia, banyak keluhan dari jemaah kalau pendingin udaranya panas.

"Sekarang dengan permintaan dari kita, pihak Muassasah Asia Tenggara mengganti AC tenda Mina dengan yang baru. Menag dan delegasi sempat menyaksikan AC baru tersebut sudah terpasang di tenda-tenda Mina," ujar Dumyathi.

Selain AC baru di Mina, jemaah haji Indonesia juga akan menempati tenda baru saat menjalani wukuf di Arafah. Saat ini, pemasangan tenda terus dilakukan pihak perusahaan yang dikontrak Muassasah Asia Tenggara.

Menurut Dumyathi, sekitar 60 persen tenda di Arafah sudah terpasang dan diperkirakan selesai pada minggu pertama atau kedua bulan Juli. Tenda baru di Arafah ini jauh lebih baik karena terbuat dari bahan PVC yang tahan air dan tahan api. Selain itu, bahan PVC juga dapat menginsulator panas sehingga hawa dingin yang ada di dalam tenda tidak mudah keluar.

Dumyathi menambahkan setiap tenda juga akan dilengkapi dengan pendingin udara (evaporatif air cooler). Untuk konstruksi akan menggunakan baja yang kuat sehingga tidak gampang bergeser dan lebih tahan angin.

Jemaah haji Indonesia gelombang pertama akan mulai berangkat ke Madinah pada 28 Juli 2017. Sedangkan jemaah haji gelombang kedua dijadwalkan mulai tiba di Mekkah pada 6 Agustus 2017.

Puncak haji wukuf di Arafah diperkirakan jatuh pada 31 Agustus 2017. Dengan demikian, jemaah haji Indonesia akan mulai berada di Mina sejak 1 September 2017. 

 

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.