Sukses

Megawati Hadiri Haul ke-47 Presiden Soekarno

Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Perjuangan, Megawati Soekarno Putri, mendatangi haul ke-47 presiden pertama Indonesia, Soekarno.

Fokus, Jakarta - Haul presiden pertama Indonesia, Bung Karno, digelar di Gedung Nusantara IV, Komplek MPR/DPR, Jakarta, Rabu sore. Selain dihadiri puteri Presiden Soekarno yang juga ketua umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekrnoputri, haul juga diikuti sejumlah petinggi negara, baik dari eksekutif maupun dari kalangan parlemen.

Seperti yang ditayangkan Fokus Pagi, Kamis, 22 Juni 2017, dalam pidatonya, Megawati mengingatkan kembali adanya gerakan yang berniat menghilangkan pemikiran sang proklamator. Ironisnya, upaya tersebut dilakukan dengan menyebarkan informasi tidak benar, seperti tuduhan bahwa Bung Karno telah berkhianat kepada bangsanya sendiri.

Dalam haul, Megawati membagikan buku berjudul Bung Karno, Islam dan Pancasila yang ditulis oleh Achmad Basarah. Buku ini berisi tentang sejarah pemikiran Bung Karno, khususnya tentang Islam dan nasionalisme, serta kaitannya dengan Pancasila dalam sistem hukum nasional.