Sukses

Mendagri: Sulit Menjamin Pemerintah Bebas KKN

Tjahjo meminta agar KPK lebih pro-aktif untuk menangkap pelaku KKN. Terutama masalah pencegahan.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengaku sulit memberantas korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) di pemerintah pusat dan daerah. Kata dia, perlu waktu panjang untuk membangun karakter masyarakat yang bebas KKN.

"Saat ditanya untuk menjamin bebas KKN terhadap aparatur pemerintah pusat atau daerah memang sulit, sekaligus perlu waktu membangun revolusi mental masyarakat bangsa ini khususnya diri saya dan seluruh aparatur sipil negara," kata Tjahjo di Jakarta, Rabu (21/6/2017).

Selain itu, kata Tjahjo masalah lainnya adalah mentalitas pribadi masing-masing. Karenanya revolusi mental dalam jangka panjang harus terprogram.

"Maka revolusi mental dalam jangka panjang harus terprogram dan memperkuat sistem diberbagai elemen atau aspek," tegas Tjahjo.

Dia juga meminta agar KPK lebih pro-aktif untuk menangkap pelaku KKN. Terutama masalah pencegahan.

"KPK harus lebih pro-aktif. Baik OTT maupun kampanye pencegahan dan fungsi-fungsi pengawasan. Khususnya dari Irjen, Inspektorat Daerah serta Tim Saber Pungli harus digiatkan," pungkas Tjahjo.

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.