Sukses

Lonjakan Pemudik di Pelabuhan Merak Diprediksi Terjadi pada Kamis

Kementerian Perhubungan memprediksi adanya lonjakan penumpang di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten pada Kamis 22 Juni 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan memprediksi adanya lonjakan pemudik di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten pada Kamis 22 Juni 2017. Khusus kendaraan roda dua, lonjakan akan dimulai malam ini.

"Diperkirakan dua hari lagi itu akan terjadi lonjakan. Saya di Merak ini Alhamdulillah kita lihat masih lengang tak ada antrean," kata Dirjen Perhubungan Darat (Hubdat) Pudji Hartanto usai meninjau Terminal Terpadu Merak, Kota Cilegon, Banten, Selasa (20/06/2017).

Dirinya juga memprediksi pada Selasa malam ini akan terjadi lonjakan pemudik roda dua yang akan menyebrang melalui Dermaga VI. "Karakteristiknya malam, malam ini bisa nambah, diharapkan kenaikannya tidak drastis, yang sekarang ini anak sekolah mulai libur mereka duluan pegawai swasta," ujar Pudji.

Dirinya pun mengingatkan seluruh personel yang bertugas saat arus mudik di seluruh daerah harus saling berkoordinasi dengan baik agar keamanan dan kenyamanan pemudik dapat terjamin.

"Kesiapan dari personelnya, posko yang ada, termasuk konsentrasi kita keamanan, kapolri sudah perintahkan calo, preman sudah dilakukan penindakan, bahwa preman yang ada disekitar sudah ditindak," tegasnya.

Sedangkan jika ada lonjakan penumpang secara signifikan di Pelabuhan Merak, baik pengelola Terminal Terpadu Merak (TTM), Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Bakauheni harus saling berkoordinasi dengan baik agar tidak terjadi penumpukkan pemudik baik di dalam maupun di luar pelabuhan.

"Nah kuncinya kordinasi antara pelabuhan merak dengan Bakauheni. Begitu adanya lonjakan dari Tol Tangerang sampai Merak mulai melakukan antisipasi penambahan kapal, jumlah bus di Bakauheni sehingga tidak terjadi penumpukan," Pudji memungkas.






Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.