Sukses

4 Hal yang Harus Diperhatikan Pemudik saat Pilih Makanan

BPOM mengingatkan ada 4 hal yang perlu diperhatikan pemudik saat bermaksud membeli makanan dan minuman selama perjalanan pulang kampung.

Liputan6.com, Jakarta - Petugas dari Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) di Jakarta melakukan sosialisasi kepada para pemudik Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur. Sambil menyapa penumpang yang sedang menunggu keberangkatan bus di lobi Blok B, petugas menyampaikan pentingnya memperhatikan jajanan yang dikonsumsi selama perjalanan mudik.

Kepala Balai Besar POM di Jakarta Dewi Prawitasari menyampaikan, sosialisasi tersebut merupakan bentuk tanggung jawab dan perhatian pemerintah terhadap keselamatan dan kesehatan para pemudik.

"Kita menyapa pemudik. Kita beri penjelasan tentang keamanan pangan. Karena selama mudik itu pasti membeli makanan atau obat tradisional. Kami berikan informasi agar pemudik perhatikan," tutur Dewi di lokasi, Selasa 20 Juni 2017.

Menurut dia, ada empat hal yang perlu diperhatikan pemudik saat bermaksud membeli makanan dan minuman selama perjalanan pulang kampung. Salah satunya soal tanggal kadaluarsa dari produk tersebut.

"Pertama cek kemasan. Apa dalam kondisi baik. Kedua cek label apakah makanan yang kita beli labelnya lengkap. Ketiga cek izin edarnya. Ada 12 angka cek edar dari Badan POM. Kalau luar negeri 12 digit juga. Keempat cek tanggal kadaluarsa. Itu jaminan masih aman tidaknya dikonsumsi sepanjang tanggal kadaluarsanya belum melewati batas," jelas Dewi.

Selain sosialisasi, Balai Besar POM melakukan pengecekan sampel makanan yang dijualbelikan di Terminal Pulo Gebang. Dari situ, ditemukan makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya dan segera dilaporkan ke kepala terminal untuk ditindaklanjuti.

"Kami lakukan sampling di kantin dan menemukan satu produk kue warna merah muda yang mengandung Rhodamine B atau pewarna kertas. Makanan dan minuman yang lainnya aman. Hanya satu itu yang tidak memenuhi syarat," ujar Dewi.

Balai Besar POM di Jakarta akan melakukan operasi dan sosialisasi pangan sampai dengan sehari menjelang Hari Raya Idul Fitri atau H-1 Lebaran. Ada lima titik mudik yang dipilih, mencakup terminal, stasiun, dan bandara.

"Di Pelabuhan Merak, Bandara Soekarno Hatta, Pelabuhan Tanjung Priok, Stasiun Gambir, dan Terminal Pulo Gebang," Dewi menandaskan.

 

 

 

 

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.