Sukses

H-8 Lebaran, Ribuan Kendaraan Pemudik Padati Tol Brebes

Seorang balita tewas dalam kecelakaan yang terjadi antara motor dan mobil.

Liputan6.com, Jakarta Delapan hari jelang Lebaran, ribuan kendaraan pemudik yang didominasi mobil pribadi dari arah Jakarta, keluar di pintu exit Tol Brebes Timur (Brexit), Sabtu (17/6/2017) malam.  

Akibatnya, arus lalu lintas di jalur Pantura Brebes-Tegal padat. Terjadi kemacetan di beberapa titik, seperti di Kaligangsa perbatasan Brebes-Tegal hingga memasuki perpatan Pos Maya.

Laju kendaraan hanya sekitar 40 kilometer per jam. Apalagi di jalur Pantura, sejak pagi hingga Sabtu malam pukul 22.30 WIB, ramai truk besar seperti tronton, kontainer, dan trailer melintas.

Seorang pemudik asal Jakarta, Santoso (43) mengatakan, kepadatan arus kendaraan sudah terjadi saat di gerbang Tol Palimanan hingga masuk Kanci- Pejagan.

"Jalan tolnya sudah mulai ramai, tapi nggak sampai macet sih. Masih bisa melaju seperti biasa. Kepadatan terjadi saat di tol gate dan pintu Tol Brexit," ucap Santoso yang mudik ke Boyolali.

Ia mengaku mudik lebih awal ke kampung halaman karena ingin lebih lama berkumpul dengan keluarga.

"Karena sudah off kerja, ya sudah mudik saja. Saya juga pengen Lebaran ini lebih lama berkumpul dengan keluarga di desa. Dari pada berangkat mudik mepet kena macet parah seperti 2016 lalu," ujar Santoso.

Meningkatnya jumlah kendaraan pemudik di Brebes Timur juga diungkapkan Kepala Cabang Pengelola Jalan Tol Kanci-Pejagan-Pemalang, Zulmarlian Iskandar.

Kendati demikian, pihaknya belum mengetahui berapa jumlah pasti peningkatan kendaraan sepanjang hari Sabtu ini.

"Memang ada peningkatan, tapi jumlahnya masih kita hitung," ucap Zulmarlian.

Meski arus lalu lintas via tol ramai, belum ada pembagian arus lalu lintas menuju jalan tol fungsional Brebes Timur-Grungsing Batang.

"Sepuluh gerbang yang sudah disediakan di Kaligangsa menuju jalan tol darurat tersebut belum dibuka. Pihak pengelola tol masih memaksimalkan enam gardu pembayaran pintu keluar Brebes Timur," jelas dia.

Zulmarlian menuturkan, pembukaan tol fungsional menunggu koordinasi dengan pihak kepolisian. Sebab, sesuai SOP, tol fungsional dibuka jika terjadi antrian kendaraan di pintu tol gate Brexit hingga 2 kilometer lebih.

"Kalau biasanya tiga gardu, sekarang menjadi enam gardu. Ini antisipasi antrian panjang di tol gate," kata Zulmarlian.


Saksikan video menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Balita Tewas

Ramainya arus kendaraan di jalur Pantura Brebes harus diwaspadai oleh pemudik maupun pengguna jalan lainya. Pasalnya, pengendara sepeda motor matik berpelat nomor B (Jakarta) terlibat kecelakaan dengan sebuah mobil.

Sepeda motor itu dikendarai pasangan suami istri beserta anak mereka. Motor itu diserempet mobil saat melintas di jalur Pantura Jenderal Soedirman Brebes.

Akibat kecelakaan itu, balita tiga tahun yang merupakan anak pasangan suami istri tersebut tewas di lokasi kejadian. Informasi yang diterima Liputan6.com, kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 21.15 WIB. 

Sepeda motor oleng, sehingga balita di dalam pelukan sang ibu terlepas dan jatuh ke jalan. Tak hanya terjatuh, balita itu juga terlindas kendaraan tersebut. Karena mengalami luka parah di bagian kepala, balita itu tewas di lokasi kejadian.

Hingga kini, jasad balita malang itu sudah berada di ruang jenazah RSUD Brebes untuk menjalani autopsi. Polisi pun saat ini sedang melakukan Olah Tempat Kejadian (TKP).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.