Menjejaki Kerajaan Islam di Kota Toledo Spanyol

Oleh Winda Ayu Larasati pada 17 Jun 2017, 17:43 WIB
Liputan6.com, Spanyol - Kota Toledo Spanyol memiliki jejak Islam yang menarik. Terdapat tiga agama yang dapat hidup berdampingan pada abad ketujuh.
Seperti ditayangkan Fokus Sore Indosiar, Sabtu (17/6/2017), pesona sejarah peradaban di Toledo membuat kota ini terasa berbeda. Toledo pernah menjadi ibu kota Spanyol saat zaman Gothic hingga di tahun 1560. Toledo adalah saksi sejarah tiga kebudayaan Islam, Kristen dan Yahudi pernah singgah di kota ini.
Toledo Katedral ini sebelumnya adalah sebuah masjid bernama Al Dabaggin yang dibangun pada abad ke-10. Pada abad ke-11, kerajaan Islam runtuh, sehingga dibangunlah Toledo Katedral yang kini masih berfungsi.
Tak jauh dari Toledo Katedral, ternyata ada sebuah masjid yang menjadi tanda jika Islam pernah berkuasa di kota ini, yakni Mezquita del Cristo de La Ruz merupakan salah satu peninggalan masjid tertua di dunia yang dibangun pada tahun 999.
Sebelumnya masjid tersebut memiliki nama asli Mezquita Bab Al Mardu, di mana dahulu warga muslim tinggal di sekitar masjid tersebut.
Keindahan kota tua ini banyak menarik perhatian turis baik dari Eropa ataupun negara lain. Dengan melihat sisa peninggalan kejayaan Islam, kita semakin tahu betapa majunya peradaban Islam kala itu.