Sukses

Tips Sukses Berhaji dari Kemenag untuk Jemaah Asal Indonesia

Hal tersebut, agar tidak terulang seperti tahun 2015 saat tragedi Mina yang merenggut korban jiwa 125 jemaah haji asal Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Kasubdit Petugas Haji Kementerian Agama, Khoirizi memberikan beberapa tips untuk sukses melaksanakan ibadah haji tahun 2017 bagi jemaah haji asal Indonesia. Hal tersebut, agar tidak terulang seperti tahun 2015, saat tragedi Mina yang merenggut korban jiwa 125 jemaah haji asal Indonesia.

Caranya, Khoirizi mengatakan, yakni dengan mematuhi semua aturan dari Kemenag RI dan Pemerintah Arab Saudi yang telah disepakati.

"Ikuti semua aturan dan arahan petugas, ini semata-mata hanya untuk keselamatan," kata Khorizi usai acara pembekalan Petugas Haji 1438 Hijriah/2017 Arab Saudi di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur, Kamis (15/6/2017).

Terlebih, ia mengingatkan, haji tahun 2017 bertepatan dengan musim panas di Arab Saudi. Oleh karena itu, ia menegaskan, jamaah haji asal Indonesia wajib mematuhi aturan dan kesepakatan yang telah dibuat.

"Ini cuaca panas dan petugas kita sangat terbatas. Mana kala ini disepakati oleh petugas dan jemaah haji asal Indonesia, insya Allah pelaksanaan haji kita akan suskes," terang dia.

Terkait peristiwa Mina, ia menjelaskan, seharusnya tidak ada jemaah haji asal Indonesia yang menjadi korban, jika saja jemaah mematuhi aturan dan kesepakatan antara petugas haji dan jemaah yang sudah disepakati.

"Kejadian jam 7 pagi, itu bukan waktunya jemaah haji lempar jumrah di Mina. Itu kan sampai Menteri Agama bilang tidak ada jemaah asal Indonesia yang jadi korban, karena waktunya disepakati jam 13.00 waktu setempat. Selain itu, tragedi Mina bukan jalur untuk jemaah asal Indonesia, tapi setelah ditelusuri ternyata ada jemaah asal Indonesia menjadi korban meninggal sampai 125 orang," papar dia.

Oleh karena itu, Khoirizi kembali mengingatkan, sebaik apa pun pelayanan yang diberikan oleh petugas haji dan Pemerintah Indonesia dalam pelaksanaan ibadah haji, juga harus didukung dengan komitmen para jemaah mematuhi semua peraturan yang telah disepakati.

 

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.