Sukses

Jelang Lebaran, BPOM Galakkan Razia Makanan Berbahaya

KPKP dibantu Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Jakarta merazia sejumlah mini market yang ada di Jakarta Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Sudin Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) dibantu Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Jakarta merazia sejumlah mini market yang ada di Jakarta Selatan. Sejumlah bahan pangan diambil secara acak oleh petugas untuk diperiksa kelayakan di laboratorium keliling.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Rabu (14/6/2017), dari hasil razia ditemukan beberapa bahan pangan olahan yang dijual di salah satu mini market mengandung boraks. Padahal, bahan kimia berbahaya tersebut biasa digunakan dalam industri kertas.

Pihak Dinas KPKP DKI Jakarta langsung menyita bahan makanan olahan dalam kemasan tersebut yang dijual di mini market.

Sementara di Sukabumi, Jawa Barat, tim gabungan yang terdiri dari Dinkes, Diskoprindag, DKP3 serta Satpol PP melakukan sidak di sejumlah pasar tradisonal dan pasar modern. Hasilnya, petugas menemukan sejumlah makanan yang sudah kedaluwarsa namun tetap dijual.

Sedangkan di Malang, Jawa Timur, razia juga dilakukan di sejumlah pasar modern dan tradisional di 10 kecamatan. Dalam razia tersebut petugas gabungan menemukan produk dengan kemasan rusak dan sejumlah kosmetik ilegal atau belum terdaftar di Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).