Sukses

Tips Cegah Kanker Serviks yang Diderita Julia Perez

Sabtu kemarin, menjadi akhir kisah perjalanan hidup Yuli Rahmawati atau yang lebih dikenal dengan Julia Perez alias Jupe.

Liputan6.com, Jakarta - Sabtu kemarin, menjadi akhir kisah perjalanan hidup Yuli Rahmawati atau yang lebih dikenal dengan Julia Perez, alias Jupe. Dia meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker serviks yang dideritanya sejak September 2014.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (11/6/2017), berbagai tindakan pengobatan telah dijalani, mulai dari kemoterapi, operasi, hingga radiasi. Lima bulan terakhir, Jupe dirawat intensif di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

Begitu mematikannya kanker serviks membuat kaum perempuan harus waspada. Ada sejumlah tindakan antisipatif yang bisa dilakukan.

Segera lakukan tes pap smear sebagai deteksi dini. Lakukan suntik vaksinasi terhadap virus HPV, penyebab kanker serviks. Berhenti merokok untuk para perokok, atau hindari asap rokok yang bisa memicu kanker.

Selain itu, tidak berganti-ganti pasangan dalam berhubungan intim, menerapkan pola hidup sehat, dan menggunakan alat kontrasepsi saat berhubungan intim.