Sukses

PAN: Jangan Kaitkan Pansus Angket dengan Kasus yang Ditangani KPK

Yandri memastikan bila ke depan banyak kritikan dari masyarakat, pimpinan Pansus Angket KPK bisa saja diganti.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto berharap, Panitia Khusus (Pansus) Angket KPK bisa menjawab kegelisahan masyarakat soal kinerja KPK yang selama ini dianggap abuse of power.

"Kita berharap Pansus ini betul-betul jadi lembaga atau forum untuk bisa menggali yang selama ini jadi pertanyaan masyarakat," kata Yandri di Jakarta, Jumat 9 Juni 2017.

Oleh karena itu, anggota Komisi II DPR ini meminta semua pihak untuk tidak memperdebatkan lagi soal kerja Pansus Angket KPK. Apalagi dikaitkan dengan kasus yang tengah ditangani, di mana Ketua Pansus Angket KPK Agun Gunandjar pernah menjadi saksi dalam sidang kasus e-KTP

"Kami harap pimpinan (Pansus Angket KPK) tidak jadi perdebatan publik, atau disangkutpautkan dengan kasus tertentu meskipun tidak bersalah," ujar dia.

Namun demikian, Yandri memastikan bila ke depan banyak kritikan dari masyarakat, pimpinan Pansus Angket KPK bisa saja diganti.

"Bisa (diganti), bukan hanya Pansus Angket tapi juga pimpinan lain, pimpinan DPR dan Komisi bisa diganti," ucap Yandri.

Tak Ada Anak Amien Rais

Sementara itu, Ketua Fraksi PAN di DPR Mulfachri Harahap menegaskan, fraksinya tidak pernah mengirim atau mengutus Hanafi Rais, putra Amien Rais ke Pansus Angket KPK.

"Saya kira nggak ya. Itu misinformasi saja. Fraksi tidak pernah mengeluarkan nama Hanafi Rais dalam komposisi anggota Fraksi PAN di Pansus Angket KPK. Kita sudah mengirim tiga nama dan tidak ada nama Hanafi Rais di dalamnya," kata Mulfachri.

Wakil Ketua Komisi III DPR ini berujar, nama-nama yang dikirim Fraksi PAN ke Pansus Angket KPK adalah orang-orang yang berkompeten, atau anggotanya yang duduk di Komisi III sebagai mitra kerja dari KPK. Sedangkan Hanafi Rais duduk di Komisi I DPR.

"Paling tidak saya bisa katakan karena KPK bermitra dengan Komisi III, sudah barang tentu teman-teman yang duduk di Komisi III lebih kompeten untuk ikut terlibat dalam pansus itu," ujar dia.

Fraksi PAN telah mengirimkan tiga wakilnya di Pansus Angket KPK. Ketiganya adalah Wakil Ketua Komisi III DPR Mulfachri Harahap, anggota Komisi III DPR Muslim Ayub dan Daeng Muhammad.

"Kita sudah mengirim tiga nama untuk ikut bersama-sama duduk di Pansus Angket KPK. Saya kira teman-teman bisa tanya ke Sekretariat Pansus Angket siapa-siapa saja yang duduk dari PAN," kata Mulfachri


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.