Sukses

Ketua Tim Ahli Wapres Ungkap Alasan RI Dekat dengan Tiongkok

Tak lupa, Sofjan meminta semua pihak tidak salah memaknai hubungan baik Indonesia dengan Tiongkok.

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia, Xie Feng, hari ini mengunjungi Wakil Presiden Jusuf Kalla. Selain ingin berpamitan, dia berharap agar Indonesia dan Tiongkok bisa terus menjalin hubungan baik.

Ketua Tim Ahli Wapres Sofjan Wanandi mengatakan, hubungan dengan Tiongkok dewasa ini sebuah keniscayaan. Langkah politik itu diambil untuk mengurangi ketergantungan terhadap negara adikuasa Amerika Serikat (AS).

"Saya pikir hubungan dengan mainland China (China daratan) ini penting juga. Termasuk juga tentu dalam situasi hari ini. Jadi kita perlu kerja sama regional ini, terutama Indonesia-China, Jepang, Korea, kita anggap penting sekali untuk pembangunan Indonesia sendiri," beber Sofjan di kantor Wapres, Jakarta, Kamis (8/6/2017).

Ia melanjutkan, "Jadi tidak bisa lagi kita harapkan terlalu banyak pada Amerika. Saya pikir ya, dalam berinvestasi dan lain-lainnya juga."

Sofjan memaparkan, yang terpenting sekarang ini adalah bagaimana memperkuat Asia, yang salah satu di dalamnya berhubungan dengan Tiongkok.

"Apa pun peranan China itu penting sekali di Asia. Maka itu kita mengharapkan kerja sama yang lebih baik dan lebih cepa tlah," jelas dia.

Tak lupa, Sofjan meminta semua pihak tidak salah memaknai hubungan baik Indonesia dengan Tiongkok.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.