Sukses

Upacara Hari Lahir Pancasila, Para Menteri Kenakan Pakaian Adat

Menteri di Kabinet Kerja Jokowi mengenakan baju adat di peringatan Hari Lahir Pancasila.

Liputan6.com, Jakarta - Peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap 1 Juni, untuk pertama kalinya diselenggarakan dengan upacara di Gedung Pancasila, Jakarta, Kamis (1/6/2017) pagi. Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Upacara peringatan hari lahir ke-72 Pancasila dihadiri berbagai pejabat negara, mulai dari Ketua MPR – DPR, hingga menteri dari Kabinet Kerja, beserta para undangan lainnya. Dalam sambutannya, Jokowi menekankan pentingnya penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bernegara.

Keberagaman budaya Indonesia tergambar dalam acara tersebut. Para undangan yang datang, mengenakan pakaian adat daerah sebagai simbol keberagaman Indonesia. Bahkan, sejumlah menteri pun terlihat kompak mengenakan baju adat daerah.

Seperti dalam tayangan Fokus Indosiar Sore, Kamis 1 Juni 2017, ditetapkan sebagai hari libur nasional memperingati kelahiran Pancasila, berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016.

Penetapan Hari Lahir Pancasila mengacu pada sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada 29 Mei hingga 1 Juni 1945, yang dipidatokan oleh Sukarno.