Sukses

Wali Kota Airin Ajak Guru Ajarkan Pancasila dengan Cara Kekinian

Airin meminta guru harus menyampaikan Pancasila secara menarik.

Liputan6.com, Tangerang - Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany bakal mengemas pemahaman Pancasila secara kekinian atau mengikuti perkembangan zaman. Hal ini agar masyarakat bisa mengenal Pancasila sebagai ideologi berbangsa sejak usia dini.

"Sebenarnya sudah dibahas dari empat tahun lalu, materi Pancasila dikemas sebagai kurikulum di sekolah. Nanti saya akan tanya dinas terkait sudah sejauh mana perkembangannya," ujar Airin saat ditemui usai upacara Hari Kelahiran Pancasila di Cilenggang, Serpong, Kota Tangsel, Kamis (1/6/2017).

Kemudian, bila Pancasila sudah dikemas dalam bentuk materi, guru harus menyampaikannya secara menarik, bisa melalui cara penyampaian yang atraktif dan bisa juga menggunakan alat peraga.

"Jangan seperti dulu pendidikan Pancasila atau PMP diberikan dengan cara yang membosankan. Nah, makanya kali ini harus dikemas secara kekinian," tutur wanita berjilbab itu.

Sebab, dengan cara seperti ini, ideologi Pancasila sebagai kekuatan pemersatu bangsa, bisa dipahami dan meresap di setiap individu, terutama pada anak-anak dan remaja.

"Mereka itu kan masa depan kita, ideologi Pancasila ini harus diterapkan untuk masyarakat agar memahami dan menjalaninya," ujar Airin.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.