Sukses

Berbaju Khas Betawi, Jokowi Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila

Memasuki mimbar, Jokowi didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi inspektur upacara peringatan Hari Lahir Pancasila. Memimpin upacara yang digelar di halaman Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jokowi mengenakan pakaian khas Betawi.

Jokowi memasuki mimbar kehormatan sekira pukul 07.55 WIB. Jokowi terlihat mengenakan beskap hitam dengan selempang emas di sakunya. Kain hijau melingkar di pinggangnya.

Memasuki mimbar, Jokowi didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK. JK juga tampak kompak mengenakan beskap hitam. Kali ini, JK memakai kain berwarna emas dengan motif khas Makassar yang melingkari pinggangnya.

Upacara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan "Indonesia Raya". Upacara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh [Jokowi](Jokowi "").

Dalam upacara itu, teks Pancasila turut dibacakan oleh Ketua MPR Zulkifli Hasan. Dilanjutkan pembacaan Kepres No 24 tahun 2016 tentang Penetapan 1 Juni sebagai hari libur nasional dalam rangka Hari Lahir Pancasila.

Selain para menteri Kabinet Kerja dan pimpinan lembaga negara, mantan Wakil Presiden Try Sutrisno dan Budiono juga hadir pada upacara Hari Lahir Pancasila ini.

Peserta upacara terdiri atas pelajar, organisasi kemasyarakatan (ormas) kepemudaan, dan anggota TNI Polri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.