Sukses

Reaksi Polisi soal Selebaran Simpatisan Rizieq Lumpuhkan Soetta

Ketua Bantuan Hukum FPI sekaligus Pengacara Rizieq Shihab, Sugito Atmo Pawiro membenarkan adanya selebaran tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Beredar selebaran di media sosial terkait rencana aksi penjemputan pemimpin FPI Rizieq Shihab dan keluarganya di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) dari Arab Saudi. Mereka berencana menutup akses jalan menuju semua terminal di bandara tersebut.

Menanggapi hal itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, pihaknya masih mendalami informasi tersebut. Dia yakin, masyarakat tidak akan mudah terprovokasi dengan selebaran itu.

"Kita lihat masyarakat sudah mulai cerdas, sudah mulai pintar, dan tahu mana yang betul mana yang salah," ujar Argo di Mapolda Metro Jaya, Rabu (31/5/2017).

Kendati, polisi tidak underestimate terhadap informasi tersebut, polisi tetap menyiapkan antisipasi pengamanan pengumpulan massa terkait penyambutan orang nomor satu di FPI itu.

"Kita tetap antisipasi. Nanti kita lihat melalui intelijen, bagaimana perkembangannya," ucap dia.

Dihubungi terpisah, Ketua Bantuan Hukum FPI sekaligus Pengacara Rizieq, Sugito Atmo Pawiro membenarkan adanya selebaran tersebut. Dia mengatakan, selebaran itu dibuat oleh simpatisan Rizieq, bukan dari FPI.

"Benar, dari simpatisan HRS (Habib Rizieq Shihab). Kalau dari kelaskaran ada logo Laskar FPI," ucap Sugito saat dikonfirmasi Liputan6.com.

Meski belum ada keterangan pasti kapan Rizieq Shihab pulang ke Tanah Air, selebaran itu telah menyebar di beberapa media sosial sejak pekan lalu.

Berikut isi selebaran tersebut:

Ayo... sambut kedatangan imam besar umat Islam Indonesia Habib Rizieq Syihab bersama keluarga di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng - Jakarta. Tutup semua jalan menuju semua terminal. Jangan beri kesempatan kepada siapapun untuk mengganggu kedatangannya. Tunggu tanggal mainnya. Akan diumumkan secara nasional.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.