Sukses

Kapolri Tito Karnavian Tinjau Lokasi Bom Kampung Melayu

Ketika bom Kampung Melayu terjadi, Kapolri tengah berada di Iran.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian mendatangani lokasi bom Kampung Melayu. Kunjungan ini mendapat pengawalan ketat dari Brimob bersenjata lengkap dari flyover.

Tito tiba di terminal Kampung Melayu sekitar pukul 18.00 WIB. Setibanya di lokasi, jenderal bintang empat itu berjalan kaki menuju samping toilet terminal.

Tito mendapat penjelasan dari Kapolda Metro Jaya Irjen Muhammad Iriawan dan Kapolrestro Jakarta Timur Kombes Andry Wibowo. Sekitar 5 menit, mereka berbincang tepat di titik bom meledak.

Tito menjelaskan, dirinya baru saja mendarat dari kunjungan kerja ke 3 negara yang mengundang Polri. Ketiga negara itu, yakni Iran, Turki, dan Arab Saudi. Mendengar peristiwa ini, Tito yang baru tiba di Iran langsung memutuskan kembali ke Jakarta.

"Saya berangkat Rabu malam dan begitu tiba di kantor Dubes Indonesia yang ada di Iran ‎bertemu dubes dan keluarga Indonesia di Teheran, saya kemudian mendapat kabar adanya bom. Saya memutuskan membatalkan keberangkatan saya ke Turki dan Saudi," kata Tito di terminal Kampung Melayu, Jumat (26/5/2017).

Tito kemudian mengutus Kabaharkam Polri Komjen Putut Eko Bayu Seno untuk meneruskan tugas dan kunjungan ke Turki dan Arab Saudi. Sedangkan dirinya bersama rombongan kembali ke Jakarta dan datang ke lokasi kejadian bom Kampung Melayu.

"Saya mengucapkan rasa duka cita. Kepada para anggota yang gugur dalam tugas, dan mereka semua kita yakin, mereka wafat dalam keadaan syahid dalam tugas mengamankan bangsa dan negara," pungkas Tito.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.