Sukses

Jokowi Ajak Raja Swedia Lihat Patung Tangan Tuhan di Istana Bogor

Jokowi memberikan Penganugerahan Bintang Republik Indonesia Adipura pada Raja Gustaf, sama seperti Raja Salman.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima kunjungan kenegaraan Raja Swedia Carl XVI Gustaf beserta Ratu Silvia di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat. Kesempatan ini dimanfaatkan Jokowi untuk mengenalkan beberapa sudut Istana.

Yang menarik, Jokowi mengajak Raja Gustaf meninjau replika patung Tangan Tuhan. Patung ini berada di halaman belakang Istana Bogor.

Kedatangan Raja Gustaf disambut dengan upacara kenegaraan. Raja Swedia memasuki kawasan Istana dikawal Paspampres, Pasukan Berkuda, dan Pasukan Nusantara. Lagu kebangsaan kedua negara pun dikumandangkan mengiringi 21 kali dentuman meriam.

Jokowi mengajak Raja Gustaf berkeliling Istana Bogor. Keduanya tampak santai berjalan kaki dari dalam menuju ke halaman Istana.

Sampailah keduanya di depan replika patung Tangan Tuhan atau The Hand of God. Patung ini dibuat pemahat asal Swedia Carl Milles, hadiah dari pemerintah Swedia untuk Indonesia pada 1957.

Keduanya kemudian berjalan ke sudut taman di halaman belakang Istana Bogor. Raja Gustaf akan menanam pohon Kayu Ulin atau Kayu Besi di taman itu.

Usai penanaman pohon, Jokowi mengajak Raja Gustaf berkeliling Kebun Raya Bogor. Jokowi mengendarai sendiri mobil golf yang digunakan untuk berkeliling Kebun Raya. Sedangkan, Iriana dan Ratu Silvia mengikuti dengan mobil golf berbeda.

Jokowi melanjutkan perbincangan empat mata di beranda Istana yang biasa disebut dengan Veranda Talk. Kemudian, kedua pemimpin negara ini melakukan pertemuan bilateral dengan penandatanganan nota kesepahaman kedua negara.

Sebelum menyampaikan pernyataan pers bersama, Jokowi akan memberikan Penganugerahan Bintang Republik Indonesia Adipura kepada Raja Gustaf. Penghargaan ini juga diberikan Jokowi kepada Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz Al Saud ketika berkunjung ke Indonesia awal Maret 2017.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini