Sukses

Menteri PUPR Pastikan Pembangunan 4 Flyover Tak Ganggu Arus Mudik

Pembangunan empat flyover tersebut dinilai sangat penting guna menghindari angka kecelakaan kereta api saat mudik Lebaran 2017.

Liputan6.com, Brebes - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono S memastikan, pembangunan empat flyover atau jalan layang di jalur tengah dan selatan Jawa Tengah, selesai sesuai target atau H-10 Lebaran 2017 sudah dapat beroperasi.

Empat flyover itu adalah Dermoleng, Klonengan, Kesambi, dan Kretek.

Pembangunan empat flyover tersebut dinilai sangat penting guna menghindari angka kecelakaan, yang dalam sejumlah kasus ditemukan ada kenderaan yang menerobos lintasan sebidang kereta api.

"Pembangunan empat jalan layang tersebut telah mencapai 70-75 persen. Dan juga diharapkan dapat efektif dioperasionalkan pada 10 Juni, atau sekitar 15 hari sebelum Lebaran," ucap Basuki di sela-sela kunjungan ke empat flyover itu di Brebes, Jawa Tengah, Minggu 21 Mei 2017.

Basuki menjelaskan dengan beroperasinya 115 km tol sementara Brebes Timur-Weleri Kendal, diharapkan dapat membantu pemudik agar tidak terjebak kemacetan, seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Kami akan berkoordinasi intensif dengan Korlantas Kepolisian RI dan Kementerian Perhubungan dalam rekayasa lalu lintas," kata dia.

Basuki menyebutkan sejumlah pintu keluar di sepanjang Tol Brebes Timur - Weleri Kendal juga sudah dipersiapkan.

"Nantinya mulai dari exitBrebes hingga exit Batang akan disiapkan enam akses keluar, yakni dua ke arah utara dan empat ke selatan, seperti Slawi dan Purwokerto," kata Basuki.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini