Sukses

2 Penemu Muda Asal Pati yang Menginspirasi

Kedua anak muda itu, mencari peluang dengan memanfaatkan limbah yang tidak dipergunakan untuk bahan baku industri.

Liputan6.com, Jakarta - Raafi Jaya dan Suprihatin, adalah dua anak muda asal Kabupaten Pati yang memanfaatkan limbah kulit singkong di Pati, Jawa Tengah. Mereka mengubah limbah tersebut menjadi komposit yang dapat menjadi bahan baku industri otomotif, kapal, dan pesawat terbang.

Raafi menceritakan ide awal bersama Suprihatin membuat komposit dari limbah singkong. Di Kabupaten Pati tempat tinggalnya, banyak limbah kulit singkong, sebab Pati memiliki pabrik tepuk tapioka. Dalam satu bulan, ada 10 ton limbah yang tidak pernah dimaksimalkan dan menumpuk.

Hal ini membuat kedua anak muda itu, mencari peluang dengan memanfaatkan limbah yang tidak dipergunakan untuk bahan baku industri. Awalnya, mereka terlebih dahulu melakukan pengkajian dan penelitian, setelah itu barulah disimpulkan limbah singkong ini dapat dijadikan sebagai komposit untuk bahan baku industri.

Mereka lalu mengikutsertakan penelitian tesebut dalam lomba ajang riset internasional yaitu International Young Inventor Project Olympiad di Georgia, Amerika Serikat. Di sana, mereka bersaing dengan 35 negara peserta lainnya termasuk Amerika Serikat dan negara-negara Eropa lainnya. Mereka mendapat medali emas dalam ajang tersebut untuk kategori fisika.

Melihat potensi anak bangsa, Liputan6 Awards pun memberikan penghargaan kepada Raafi Jaya dan Suprihatin. Piala penghargaan pun diberikan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Uno.

Raafi Jaya berharap, penghargaan ini dapat memberikan inspirasi kepada generasi muda, penerus bangsa.

"Sangat luar biasa kami bisa diberikan penghargaan yang bergengsi dari Liputan6 Awards, kisah yang kami berikan ini bisa menginspirasi generasi muda, teman-teman saya untuk terus berprestasi dan berinovasi diri yang nantinya lebih berprestasi lagi,” ujar Raafi di SCTV Tower Senayan Jakarta Pusat, Sabtu (20/5/2017).

Suprihatin juga berpesan kepada anak muda di Indonesia, dalam mencoba sesuatu hal jangan mudah menyerah dan selalu berusaha sesulit apapun kendalanya.

"Jangan melihat dari keterbatasan pokoknya, tetap berusaha terus, jika gagal terus dicoba, dicoba, dan dicoba terus sehingga pada akhirnya mendapat hasil yang maksimal dan dapat membanggakan, khususnya untuk Indonesia," tutur dia.

Dia pun sangat mengapresiasi ajang penghargaan Liputan6 Awards. Sebab, penghargaan ini dapat menginspirasi anak muda lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini