Begini Penampakan Stasiun Klender Usai Kebakaran

Oleh Ika DefiantiFaizal Fanani pada 19 Mei 2017, 10:30 WIB
20170519-Kebakaran di Stasiun Klender-Fanani

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran terjadi di Stasiun Klender, Jakarta Timur. Api berkobar sejak pukul 07.30 WIB, Jumat (19/5/2017). Akibatnya, perjalanan kereta rel listrik (KRL) atau Commuter Line lintas Bekasi sempat terganggu.

Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Timur mengerahkan sembilan unit mobil pemadam ke lokasi kebakaran yang terjadi sejak pukul 07.30 WIB itu.

"Ada sembilan unit yang meluncur ke lokasi," ujar petugas Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Timur Ade saat dikonfirmasi Liputan6.com, Jumat (19/5/2017).

Api yang berkobar telah padam. Sebuah bangunan yang menjadi pintu masuk ke Stasiun Klender hangus. Atapnya pun sudah menjadi serpihan dan menyisakan rangka kayunya yang berubah jadi arang.

Petugas pemadam kebakaran mengamati sisa Stasiun Klender, Jakarta Timur yang terbakar, Jumat (19/5). Kebakaran yang terjadi sekitar 07.30 WIB di Stasiun Klender ini melalap kantor kepala stasiun hingga loket tiket. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Benda yang masih utuh hanya pintu otomatis sekaligus scanner tiket kereta api. Ada pula mesin isi ulang dan cek saldo kartu dari sebuah bank negeri.

Kondisi bangunan depo Stasiun Klender, Jakarta Timur yang terbakar, Jumat (19/5). Kebakaran di Stasiun Klender ini melalap sejumlah ruangan, mulai dari ruangan penjualan tiket, kantor kepala stasiun, sampai, toilet. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pengamatan Liputan6.com, petugas pemadam kebakaran melakukan pendinginan di bekas kebakaran di Stasiun Klender.

Petugas melakukan pendinginan pada Stasiun Klender, Jakarta Timur, yang terbakar, Jumat (19/5). Akibat kebakaran, operasional naik-turun penumpang kereta api listrik (KRL) di stasiun itu dihentikan untuk sementara waktu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pendinginan dilakukan dari atas bangunan. Sebagian petugas melakukannya dari dalam bangunan.

Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Agus Komarudin mengatakan, sumber kebakaran di Stasiun Klender, Jakarta Timur, masih diselidiki oleh pihak kepolisian. Kata dia, kronologi awal memang terdapat kepulan api dari gudang penyimpanan alat-alat kebersihan.

Penampakan Stasiun Klender usai kebakaran. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Agus menyatakan bahwa kondisi stasiun hampir 90 persen abis dilalap si jago merah.

"Tadi pukul 07.20 WIB ada kepulan api di tempat penyimpanan alat kebersihan. Kemudian tidak selang lama langsung membesar ke atas," ucap Agus di Jakarta, Jumat (19/5/2017).

Penampakan Stasiun Klender usai kebakaran. (Liputan6.com/Ika Defianti)

Sementara, dari informasi netizen di Twitter, kebakaran ini menjadi pusat perhatian warga. Di antara mereka ada yang menonton proses pemadaman dari flyover Klender.