Sukses

Buku Favorit Jokowi, dari Kho Ping Hoo hingga Gundala Putra Petir

Saat masih kecul, Jokowi juga menyukai buku yang berisi kisah-kisah pewayangan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan diri mendongeng di hadapan ratusan siswa SD dan SMP halaman tengah Istana Merdeka. Jokowi juga memiliki buku favorit yang dibaca semasa kecil dulu.

"Saya dulu yang saya baca kalau komik ya Gundala Putra Petir, kemudian Kho Ping Hoo, kemudian apalagi ya, apa ya, cerita-cerita wayang banyak sekali, selalu saya baca Petruk, Gareng, saya ingat," ungkap Jokowi, Rabu 17 Mei 2017.

Saat itu, Jokowimemilih kisah Lutung Kasarung sebagai materi dongeng. Rupanya dongeng Jokowi sore itu merupakan yang pertama kali dilakukan selama hidupnya.

"(Sebelumnya) saya enggak pernah mendongeng," ucap Jokowi sambil tertawa.

Meski begitu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu tak bisa lupa ketika kerap didongengi semasa kecil. Sosok yang mendongengi Jokowi tak lain adalah sang kakek.

"Dulu sering didongengi oleh kakek saya, sering diberikan dongeng-dongeng seperti yang saya ceritakan tadi," kata Jokowi.

Kebiasaan didongengi dan membaca sejak kecil juga terbawa sampai saat ini. Di saat ada waktu luang, Jokowi menggunakan untuk membaca buku. "Masih. Selalu saya waktu luang di pesawat, di mobil saya gunakan untuk membaca," pungkas Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

Video Terkini