Sukses

Melestarikan Payung Juwiring yang Kian Tergeser

Mahasiswa di Yogyakarta berinisiatif melestarikan payung tradisional Juwiring, Klaten, Jawa Tengah, yang saat ini hampir punah.

Fokus, Yogyakarta - Inilah payung tradisional khas Juwiring, Klaten, Jawa Tengah, yang saat ini keberadaannya makin terpinggirkan akibat tergusur payung modern buatan pabrik. Berbeda dengan payung modern, payung khas asli Juwiring terbuat dari bambu dan kertas.

Tahun 1970-an, payung tradisional asli Juwiring ini sangat populer dan dipakai untuk berbagai keperluan. Bahkan, Kraton Yogyakarta dan Surakarta pun memesan koleksi payung tradisional dari perajin di kawasan ini. Khawatir akan semakin punah, berbagai upaya pun dilakukan sejumlah mahasiswa di Yogyakarta. Salah satunya dengan mendirikan workshop dan galeri payung tradisional Juwiring.

Tak hanya bisa mengobati kangen, dengan melihat berbagai payung tradisional masa lalu, di sini para pengunjung juga bisa belajar membuat payung tradisional ini. Mulai dari membuat kerangka, memasang kertas, hingga membuat lukisan di payung yang dibuatnya.