Sukses

Rizieq Shihab Kembali ke Arab Saudi, untuk Apa?

Keberadaan Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab tengah menjadi pembicaraan.

Liputan6.com, Jakarta - Keberadaan Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab tengah menjadi pembicaraan. Awal keluar dari Indonesia, dia berada di Arab Saudi dengan alasan menunaikan ibadah umrah.

Namun, usai umrah, Rizieq tak kunjung kembali ke Tanah Air. Dia sempat bertolak ke Malaysia, sebelum akhirnya kembali ke Arab Saudi.

Pengacara Rizieq Shihab, Buchory Muslim, mengungkapkan kegiatan pria yang tersangkut kasus percakapan berkonten pornografi itu selama di Arab Saudi.

"Beliau di sana ibadah umrah, berdoa untuk umat, untuk negara," ujar Buchory Muslim yang sempat menemani umrah Rizieq, di Jakarta, Selasa 16 Mei 2017.

Menurut dia, Rizieq Shihab membawa serta istri, anak, paman dan juga menantunya. Meski membawa serta keluarga, Rizieq disebut tidak menemui kesulitan berarti.

"Alhamdulillah enggak ada, bahkan tawaran bantuan begitu banyak. Bermacam-macam, seperti tawaran tempat tinggal, ini itu banyak sekali," beber Buchory.

Dia mengatakan umrah hanya dilakukan selama sepekan. Namun, Rizieq belum bisa pulang karena ada panggilan dari profesor tempat di mana Rizieq mengambil studi doktor.

"Bertolak dari Jakarta 25-26 April, dengan visa umrah kami berangkat. Dan 5 Mei sudah di Malaysia, karena profesornya beliau terus menghubungi untuk menyelesaikan desertasinya yang lama tertunda," Buchory menjelaskan.

Dia menuturkan Rizieq sudah memiliki niatan kembali ke Tanah Air. Namun, situasi yang dinilai tidak kondusif, Rizieq Shihab memutuskan kembali bertolak ke Saudi.

"10 Mei beliau sudah mau kembali, tapi kondisinya begini jadi atas saran-saran, beliau kembali lagi ke Arab Saudi untuk umrah lagi, berdoa lagi," tutur Buchory.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.