Reaksi MUI atas Vonis 2 Tahun Penjara untuk Ahok

Oleh Andreas Gerry Tuwo pada 09 Mei 2017, 12:31 WIB
Sidang Vonis Ahok

Liputan6.com, Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) menghormati putusan hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara, yang memvonis dua tahun penjara terhadap Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, dalam kasus penistaan agama.

"Pertama MUI, menghargai dan menghormati putusan hakim," ujar Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Zainut Tauhid dalam keterangan tertulisnya, Selasa (9/5/2107).

Zainut mengatakan, tentunya pertimbangan yang disampaikan hakim adalah sepenuhnya hak prerogatif hakim. MUI tidak bisa mengintervensi karena hakim memiliki kemerdekaan di dalam memutus sebuah perkara.

"Dengan dinyatakan Saudara Ahok bersalah oleh hakim, berarti sikap dan pendapat Keagamaan MUI memiliki keabsahan, dan dijadikan referensi pengambilan hukum dalam sebuah persidangan pengadilan," kata dia.

Zainut mewakili MUI menyampaikan ucapan terima kasih kepada pimpinan ormas Islam, para ulama, habaib, pimpinan umat, juga seluruh umat Islam yang setia mengawal persidangan Ahok dengan sabar, serta tetap mengedepankan semangat persaudaraan dan persatuan.

"Semoga Allah SWT membalas dengan balasan yang berlipat," ujar Zainut.

 

Nutami JankeNutami Janke

Semoga yg merasa menang dlm kasus Pak Ahok bisa melihat sinyal2 dr Tuhan, bgmn reaksi publik secara nasional maupun internasional menyikapi putusan pengadilan...pak Ahok sdh memenangkan hati rakyat banyak dg sikapnya selama dia menjadi gub dki....

budiman santosobudiman santoso

Rizieq Shihab gimana nih....? kalan disidangnya?

Piter Agung Dwi NugrohoPiter Agung Dwi Nugroho

Sudah biasa kaum minoritas walaupun benar akan selalu harus disalahkan. Hukuman yang dibuat manusia itu belum seberapa. "Tuhan tidak pernah tidur". Salah dan benar itu urusan Tuhan. Selamat buat Hakim yang telah memvoniskan. Semoga mendapat Hidyah dan Inayah-Nya.

Lihat Lainnya