Sukses

BNN Akan Bangun Laboratorium Penangkal Narkotika Jenis Baru

Kepala BNN Komjen Budi Waseso atau Buwas mengaku sudah mengajukan ke pemerintah perihal tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Narkotika Nasional (BNN) berencana membangun laboratorium bertaraf internasional agar dapat mendeteksi dan menekan peredaran narkotika jenis baru yang banyak bermunculan.

Kepala BNN Komjen Budi Waseso atau Buwas menyampaikan, pihaknya sudah mengajukan ke pemerintah perihal tersebut. Meski belum diketahui kapan terealisasi, Buwas menyatakan bahwa niat tersebut telah disetujui.

"Kita sudah ada maketnya. Nanti pembiayaannya bertahap. Sudah disetujui oleh negara," tutur Budi Waseso di Gedung Badan Narkotika Nasional, Jalan MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur, Jumat (28/4/2017).

Buwas menyatakan, BNN sangat membutuhkan laboratorium tersebut. Sebab jika terlambat, BNN akan kecolongan dengan masuknya beragam narkotika jenis baru.

"Laboratorium bertaraf internasional ya. Kita bekerja sama dengan negara lain untuk menghadapi (narkoba) jenis baru yang ada 800 ini, yang pasti masuk," ucap dia.

Buwas mengaku kesulitan mengungkap narkotika jenis baru lantaram laboratorium yang ada saat ini cukup terbatas kemampuannya dalam meneliti zat baru itu.

"Maka ke depan harus punya," ujar Buwas.

Pembangunan laboratorium BNN juga akan melibatkan dana dari aset sitaan kasus narkoba yang berhasil diungkap. Dengan begitu, negara tidak terbebani besarnya anggaran yang dibutuhkan untuk merealisasikan laboratorium baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini