Sukses

Fadli Zon Walk Out Saat Paripurna Hak Angket KPK

Fadli menilai aksi walk out yang dilakukan Fraksi Gerindra merupakan hal biasa dalam proses pengambilan keputusan.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengikuti langkah partainya yang walk out saat sidang paripurna usulan hak angket KPK. Aksi ini dilakukan karena Partai Gerindra tidak menyetujui DPR mengesahkan hak angket KPK.

"Iya, iya (ikut walk out) juga. Saya mau koordinasi dulu ke fraksi," ujar Fadli yang ditemui usai meninggalkan rapat Paripurna di Gedung DPR Senayan Jakarta Pusat, Jumat (28/4/2017).

Dia menilai aksi walk out yang dilakukan Fraksi Gerindra merupakan hal biasa dalam proses pengambilan keputusan.

"Tadi sudah kita dengar penyikapan dari fraksi yang ada. Termasuk Fraksi Gerindra yang menolak itu. Kita harus lihat ini sebagai satu hal yang biasa dalam proses penggunaan hak yang semacam ini. Biasa ada pro dan kontra," jelas Fadli.

Ketua Fraksi Gerindra Ahmad Muzani menuturkan, sikap walk out ini disebabkan pimpinan sidang yang tidak demokratis. Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah selaku pemimpin rapat, mengetuk palu dan mengesahkan hak angket KPK secara sepihak. Padahal, ada beberapa fraksi termasuk Gerindra yang tidak menyetujui hak angket tersebut.

"Kita nyatakan dibicarakan dulu (putusan hak angket). Kalau bisa ditunda. Beberapa fraksi nyatakan sikap yang sama. Sebaiknya diskors dulu seperti tradisi yang sudah-sudah, kalau keputusan hasil lobi," tegas Muzani.

Dia mengatakan, Fraksi Gerindra tidak terima hasil rapat paripurna tersebut. Gerindra pun akan mengambil tindakan lain, agar hak angket itu dapat dibatalkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.