Pengamat: MUI Bikin Fraksi di DPR untuk Suarakan Aspirasi

Oleh Putu Merta Surya Putra pada 27 Apr 2017, 10:39 WIB
Gedung DPR RI

Liputan6.com, Jakarta - Majelis Ulama Indonesia atau MUI berniat membuat fraksi di DPR RI. Rencana ini diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan dan keadilan.

Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus menilai, rencana MUI tersebut merupakan upaya untuk menghidupkan peran wakil rakyat.

"Ini sebagai bentuk aspirasi, rencana MUI membentuk kelompok lintas fraksi di DPR merupakan sebuah upaya nyata untuk menghidupkan peran perwakilan anggota DPR. Saya kira gagasan bagus ketika MUI berpikir tentang bagaimana memaksimalkan DPR untuk memperjuangkan aspirasi mereka," kata Lucius kepada Liputan6.com, Kamis (27/4/2017).

Menurut Lucius, inisiatif MUI ini sesungguhnya merupakan bagian dari upaya untuk membangun sistem penetapan aspirasi masyarakat.

"DPR harus kreatif untuk memperjuangkan kepentingan rakyat. Mereka bisa membangun kelompok yang beranggotakan dari lintas fraksi demi memastikan perjuangan mereka bisa tercapai," ucap Lucius.

Perjuangan untuk menciptakan kemakmuran bagi rakyat, lanjut dia, tentu saja menjadi perjuangan bersama. Karena itu, dengan menggandeng anggota DPR, jelas semakin memudahkan perjuangan itu.

"Tentu akan lebih memudahkan perjuangan tersebut menggapai hasilnya, karena kewenangan besar yang dimiliki wakil rakyat," ungkap Lucius.

Dia memandang, apa yang direncanakan MUI ini bukan menunjukkan geliat syahwat politik para anggotanya. Menurut Lucius, rencana tersebut hanya sebatas memperjuangkan aspirasi semata.

"Saya kira sih hanya sebatas memperjuangkan aspirasi saja. Untuk memperjuangkan aspirasi mereka tetap menggunakan para anggota DPR yang senafas dengan mereka, untuk memperjuangkan kehidupan yang lebih baik," pungkas Lucius.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal MUI Anwar Abbas mengatakan, demi menciptakan arus baru, pihaknya merencanakan akan membuat fraksi di DPR.

"MUI ingin berkomunikasi dengan politik di Senayan sana. Jadi ada Fraksi MUI di DPR, yang akan berjuang untuk umat dan bangsa, serta menciptakan Islam yang Rahmatan lil Alamin, Islam yang bernusantara," kata Anwar.

Fraksi MUI di DPR, lanjut Anwar, nanti bukan meminta kursi. Tetapi menunjuk para anggota sebagai perwakilannya.

"Enggak ada kursi. Jadi dari masing-masing partai akan kita undang mereka. Jadi, itu sebuah fraksi dari anggota DPR dari berbagai partai kita ajak memperjuangkan cita-cita dan keinginan MUI, untuk menjadikan Islam menjadi Rahmatan lil Alamin," ungkap Anwar.

Tag Terkait