Sukses

Ada Ribuan Lowongan Kerja Di Job Fair Kabupaten Gianyar

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja Kabuapten Gianyar, Bali, menggelar pameran kesempatan kerja.

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka menekan angka pengangguran dan memfasilitasi pencari kerja, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja Kabuapten Gianyar, Bali, menggelar pameran kesempatan kerja (Job Fair). Job fair yang digelar di Lapangan Astina dari jam 09-00 sampai 21.00 tanggal 16-17 April ini berbarengan dengan hari jadi Kota Gianyar ke 246.

"Kita sinkronkan jadwal job fair dengan hari ulang tahun kota Gianyar, agar lebih banyak lagi pencari kerja yang datang. Kita maksimalkan sosialisasinya," ujar Kepala Bidang Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja, Ni Putu Darmiyanti, Minggu (16/4).

Job Fair ini diikuti oleh 40 perusahaan lokal, nasional dan internasional yang menyediakan ribuan lowongan kerja di wilayah Kabupaten Gianyar dan Sekitarnya. Penyelenggaraan Job Fair yang juga berbarengan dengan Hari Raya Kuningan Manis ini diharapkan mempu memfasilitasi penganguran di wilayah gianyar yang mencapai angka sekitar 5.000.

"Selama ini masyarakat banyak yang belum mengetahui apa itu Job Fair, Kali ini ada sekitar 3.500 lowongan kerja yang disediakan, ada sektor perbankan, retail, Restoran dan beberapa sektor lain," imbuh Darmiyanti.

Ia berharap, masyarakat bisa paham pentingnya Job Fair bagi pencari kerja dan bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan keinginan dan kemampuannya. Sehingga angka pengangguran di Kabupaten Gianyar terus beranjak turun.

"Kita mencoba melihat kesesuaian antara latar belakang pendidikan dan kompetensi yang dimiliki para pencari kerja dan kebutuhan perusahaan," katanya.

Hal tersebut, lanjutnya, menjadi bahan evaluasi tersendiri bagi Disnaker gianyar dalam mengevaluasi upaya menekan angka pengangguran melalui Job Fair. Selain itu, Disnaker gianyar juga terus menggenjot pelatihan kerja di Balai Latihan Kerja milik Disnaker Gianyar yang fokus melatih bidang Agrobisnis dan Industri.

"BLK kita baru berdiri tahun kemarin, kita sudah melaksanakan pelatihan ke desa desa, ada 15 paket, perpaket untuk 20 peserta pelatihan," papar Darmiyanti.

Menurut Darmiyanti sampai saat ini pihaknya sudah melatih 1.500 peserta yang dibiayai APBD dan bantuan dari pusat. Disnaker Gianyar akan terus mengevaluasi setiap kegiatan untuk memaksimalkan pembangunan bidang ketenagakerjaan di Kabupaten Gianyar.

Powered By:

Kementerian Ketenagakerjaan

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini