Sukses

Hari Kartini, Ibu Negara Bagi-Bagi Alat Rumah Tangga di Kalsel

Iriana tidak menyampaikan sambutan pada acara itu. Dia memilih berdialog langsung dengan warga yang hadir.

Liputan6.com, Jakarta - Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama istri Wakil Presiden Mufidah Jusuf Kalla merayakan puncak Hari Kartini di Kalimantan Selatan. Pada kesempatan ini, Iriana bersama Mufidah berbagi alat rumah tangga kepada para ibu yang hadir.

Iriana tidak menyampaikan sambutan pada acara itu. Dia memilih berdialog langsung dengan warga.

Mereka melangkahkan kaki ke tengah kerumunan warga. Hal ini membuat sebagian warga berdiri dan mencoba menghampiri Iriana.

Beberapa pertanyaan diajukan Iriana kepada warga yang bisa menjawab pertanyaan seputar Inspeksi Visual Asam (IVA) dan kanker serviks. Seorang ibu, Atifah memberanikan diri maju dan menjawab pertanyaan itu.

"Saya kasih mixer ya ibu," kata Iriana di Lapangan Pemprov Kalimantan Selatan, Selasa (25/4/2017).

Setelah itu, giliran Mufidah yang memberikan pertanyaan kepada warga. Kali ini, Sri Suryani yang berhasil menjawab pertanyaan seputar lokasi pemeriksaan IVA (tes kanker serviks).

"Ibu dapat hadiah blender," kata Mufidah.

Keduanya berkeliling tenda besar yang menaungi lokasi acara. Di tengah perjalanan, beberapa warga sempat meminta foto bersama dengan Iriana. Beberapa di antara mereka malah mengajak swafoto Iriana dan Mufidah.

Tidak hanya mixer dan blander, alat rumah tangga lainnya, seperti magic jar diberikan Iriana kepada ibu penggerak PKK yang sudah mengabdi selama lebih dari 30 tahun.

Selain itu, penghargaan diberikan kepada 4 provinsi yang melakukan telah tes IVA dan pemeriksaan payudara di wilayah mereka. Keempat provinsi itu, yakni Bali, Lampung, Jawa Timur, dan Papua Barat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.