Sukses

Harlah ke-71 Muslimat NU, Khofifah Undang Cucu Syekh Abdul Qadir

Menurut Syekh Afifuddin wanita adalah bagian terpenting dalam kehidupan manusia dan Islam.

Liputan6.com, Surabaya - Lantunan salawat menggema di kediaman Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa, Kelurahan Jemursari, Wonocolo, Surabaya, Jawa Timur, Senin malam.

Bersamaan dengan itu, Syekh Afifuddin, ulama tarekat kelahiran Baghdad, Irak, yang juga cucu ke-19 dari Syekh Abdul Qadir Jailani--sufi tersohor dan pendiri Tarekat Qadiriyah, diundang untuk mengisi tausiyah dalam acara Harlah ke-71 Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) dan Haul Syekh Abdul Qadir Jailani.

Afifuddin yang mengenakan busana gamis hitam itu dalam tausiyahnya berbicara tentang peran besar seorang wanita, khususnya di dunia Islam.

"Kita tahu, orang yang pertama kali percaya kepada Islam dan Muhammad Rasulullah ialah wanita, yakni Sayyidatunaa Khadijah," ujar dia, Surabaya, Jawa Timur, Minggu malam (24/4/2017).

Menurut Afifuddin wanita adalah bagian terpenting dalam kehidupan manusia dan Islam. "Jika kita bicara seora ibu, dalam Islam ada Sayyidatuna Maryam, disebutkan pula bagaimana jasa seorang Siti Aisyah, istri Nabi Muhammad."

"Kalau ingat putri, ada Siti Fatimah putri Rasulullah, yang keturunan-keturunannya jadi ahlil bait," Afifuddin melanjutkan.

Syekh juga membenarkan adanya ungkapan tentang di balik keagungan seorang laki-laki ada wanita di belakangnya.

"Rasulullah bersabda, orang terbaik di antara kalian adalah yang terbaik perlakuanmu kepada seorang wanita, berperilaku baik kepada istrinya," Afifuddin menegaskan.

Bahkan, Afifuddin mengakui di Indonesia banyak wanita yang luar biasa. "Indonesia ini beruntung karena memiliki jasa dan contoh luar biasa dari ibu-ibu yang luar biasa."

"Banyak di antara mereka berperan dakwah, ajarkan akhlak kepada anak-anak dan keluarganya, terutama dari kalangan NU. Itu akan jadikan Indonesia bangsa yang agung," dia menambahkan.

Pada saat yang sama, Khofifah mengaku sengaja mengundang Syekh Afifuddin, dengan tujuan agar dia dan semua yang hadir mendapatkan keridaan dari Allah SWT.

"Semoga kita semua bersama-sama berkumpul dengan Rasulullah di surga-Nya Allah kelak," kata Mensos Khofifah yang juga menjabat Ketua Umum Pimpinan Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini