Ahok Tak Memenuhi Unsur Niat Menghina Agama, Ini Alasannya

Oleh Nafiysul Qodar pada 21 Apr 2017, 06:03 WIB
20170420-Ahok Jalani Sidang Tuntutan-Pool

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dituntut 1 tahun penjara dengan masa percobaan 2 tahun. Pasal yang digunakan jaksa penuntut umum (JPU) untuk menuntut Ahok adalah Pasal 156 KUHP

Dalam penjelasannya, jaksa memaparkan Ahok tidak dapat dituntut dengan Pasal 156a KUHP tentang penodaan agama. Sebab, bagi jaksa, apa yang diucapkan Ahok di Kepulauan Seribu pada 27 September 2016 tentang Surat Al Maidah tidak memenuhi unsur niat menghina agama.

"Mengingat kesengajaan Pasal 156a huruf a KUHP adalah dengan maksud untuk memusuhi dan menghina agama, maka pembuktian Pasal 156a huruf a KUHP tidak tepat diterapkan dalam kasus a quo," ujar jaksa dalam persidangan di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Kamis, 20 April 2017.

Pasal 156a KUHP berdasarkan UU No 1/PNPS Tahun 1965, jaksa menambahkan, hanya bisa diterapkan jika pelaku memiliki niat. Namun dalam perkara ini, Ahok tak terbukti memiliki niat menghina agama.

"Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa delik sebagaimana diatur dalam Pasal 156a huruf a KUHP hanya diliputi oleh kesengajaan dengan maksud untuk menghina pada agama, bukan bentuk kesengajaan yang lain," terang dia.

Sementara kasus Ahok berdasarkan fakta-fakta persidangan, kata jaksa, berkaitan dengan pengalamannya sejak bertarung di Pilgub Bangka Belitung 2007 lalu hingga Pilkada DKI 2017.

"Maka terlihat bahwa niat terdakwa adalah lebih ditujukan pada orang lain atau elite politik dalam kontes pilkada," ucap jaksa.

Karena itu, JPU menuntut Ahok hukuman 1 tahun penjara dengan masa percobaan 2 tahun.

"Dengan ini kami meminta majelis hakim untuk menjatuhkan hukuman kepada Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok hukuman 1 tahun dengan masa percobaan 2 tahun," ujar Ketua Tim JPU, Ali Mukartono.

Tag Terkait

Sasha Tymve JuanSasha Tymve Juan

negara ini mundur iya masih makai blasphemy law seperti ini,.....org gga salah di paksa bersalah oleh org2 sakit jiwa

AladdinAladdin

Kok ada juga orang yg menganggap dirinya itu Hakim pilihan TUHAN ya?? Sembarangan pake tentukan tempat orang di Surga atau Neraka, padahal dirinya juga gak jelas nantinya dirinya bakalan masuk SURGA atau NERAKA...Orang buta mau menuntun orang buta... Gak salah, tuh???

Muhammad AgusdurMuhammad Agusdur

Minda Muslim..Allah SWT Sanggup biarkan lainnya tp Allah SWT tegas dlm hal FirmanNya&AgamaNya.Jgn cuba2 tuk mengusik bahkan menghinanya.Masya'Allaah Allah SWT Kasih kpd setiap yg dicipta&Allah SWT syg jk yg dicipta termsk manusia Mau mengakuiNya sbg Robbnya

Lihat Lainnya