Sukses

Jembatan Ambles, Jalur Jonggol - Cianjur Ditutup

Luapan air tersebut secara terus-menerus menggerus fondasi jembatan.

Liputan6.com, Bogor - Ruas Jalan Jonggol-Cianjur ditutup total setelah Jembatan Cipamingkis, di Desa Jonggol, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, ambles pada Kamis malam, 14 April 2017.

"Akses menuju Cianjur lewat Cileungsi ditutup total karena jembatan ambles tadi malam," kata Camat Jonggol Beben Suhendar saat dihubungi, Jumat (14/4/2017).

Beben menuturkan, hujan deras yang mengguyur wilayah Jonggol dan sekitarnya sejak Kamis sore membuat aliran sungai di bawah Jembatan Cipamingkis meluap.

Luapan air tersebut secara terus-menerus menggerus fondasi jembatan sehingga menimbulkan pergeseran pada tiang jembatan. Bergesernya tiang penyangga tersebut mengakibatkan jembatan patah pada sambungan bagian tengah.

"Pergeseran tiang jembatan memang sudah terlihat seminggu sebelumnya," kata Beben.

Bahkan, dia sudah melaporkan temuan kerusakan kontruksi jembatan yang dioperasikan pada 4 Juni 1986 itu. Laporan tersebut ditindaklanjuti oleh Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat.

"Beberapa hari lalu dari provinsi pun sempat meninjau lokasi," kata dia.

Tetapi, Kamis sekitar pukul 23.00 WIB, sambungan bagian tengah jembatan patah dan ambles. Kejadian tersebut mengakibatkan terputusnya akses jalan antara Jonggol-Cariu-Cianjur, maupun dari arah sebaliknya.

Polsek Jonggol mengalihkan kendaraan yang akan menuju Cariu melalui jalur Cibarusah. Sedangkan dari arah Cileungsi dialihkan ke Cikarang dan dari arah Cariu dialihkan ke ruas jakan Loji Karawang. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.